Pantau PPKM Mikro, Nelson: Butuh Peran Masyarakat, Bersama Menekan Covid-19

Pantau PPKM Mikro, Nelson: Butuh Peran Masyarakat, Bersama Menekan Covid-19

05/06/2021 21:38 0 By Maman

Pemantauan PPKM Mikro Bupati Gorontalo

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo memantau penerapan PPKM Mikro. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Peran masyarakat dibutuhkan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gorontalo. Seperti diketahui bahwa, ada 14 kelurahan/desa di Kabupaten Gorontalo yang termasuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

14 kelurahan/desa tersebut, sebagaimana edaran Pemerintah Pusat dan Provinsi Gorontalo.

“PPKM Mikro ini berbasis desa, sehingga pengendaliannya dimulai dari desa itu sendiri, dibutuhkan peran semua pihak termasuk masyarakat, selain struktur organisasi Satuan Tugas Pegendalian Covid-19 yaitu, Kepala Desa dengan melibatkan unsur stakeholder,” kata Bupati usai monitoring PPKM Mikro di Kecamatan Limboto, Sabtu (05/06/2021).

Bupati juga mengatakan, dalam monitoring ini terlihat ada kolaborasi sangat baik antara Camat, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Babinsa, Bhabinkantikmas serta seluruh unsur masyarakat terlibat dalam pengendalian covid-19.

“Saya harap Covid-19 ini terkendali, olehnya diharapkan kepada masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab kesehatan itu paling utama” harap Bupati.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku mengatakan, monitoring tersebut untuk melihat penerapan prokes selama PPKM Mikro di desa.

“Bila kasus Covid-19 bertambah, maka waktu pelaksanaan PPKM Mikro akan diperpanjang,” jelas Sumanti.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo ini juga berharap, PPKM Mikro dapat mengendalikan Covid-19 di Kabupaten Gorontalo. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan peran semua pihak, termasuk masyarakat untuk melakukan pencegahan.

“Pencegahan Covid-19 ini tanggungjawab kita bersama,”  tutup Sumanti. (Pin/Adv)