Para Dukun di Banyuwangi Mau Gelar Festival Santet, Mau Ikutan?

Para Dukun di Banyuwangi Mau Gelar Festival Santet, Mau Ikutan?

06/02/2021 00:01 0 By Alex

Festival Santet

Ilustrasi santet./Istimewa

Hulondalo.id – Sejumlah orang yang mengaku dukun dan paranormal di Banyuwangi, Jawa Timur, mendeklarasikan berdirinya Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) baru-baru ini.

Setelah memperkenalkan logo, menyusun pengurus hingga pemotongan tumpeng, salah satu agenda yang akan diselenggarakan Perduku ini adalah Festival Santet.

Ya, Festival Santet itu rencananya akan digelar pada bulan Suro atau Muharam ini. Melalui festival itu, mereka akan mengenalkan ilmu-ilmu spiritual yang masih ada di Banyuwangi.

“Kita akan menggelar Festival Santet. Banyak macam yang akan kita gelar di festival itu. Nanti bagaimana pengenalan orang terkena santet atau sihir,” ujar Ketua Perdunu, Gus Abdul Fatah Hasan yang dikutip dari detik.com.

Tak hanya itu, mereka juga akan memperkenalkan destinasi mistis di daerah yang melejit dengan sektor pariwisata itu sebelum dihantam pandemi Covid-19.

“Kita juga akan kenalkan destinasi mistis di Banyuwangi. Ada 3 kalau ndak salah tadi usulannya, Alaspurwo, Rowo Bayu dan Antaboga,” kata Gus Abdul Falah Hasan.

Adapun tujuan mendirikan Perdunu di Banyuwangi ini adalah agar masyarakat dapat menghindari aksi penipuan yang biasa dilakukan oleh dukun atau paranormal abal-abal.

“Yang paling dekat, program kerja kita adalah doa bersama dan kegiatan pengobatan gratis,” imbuh Gus Abdul Falah Hasan.

Sebelumnya bergeliat sektor pariwisata, daerah Banyuwangi dulunya cukup tersohor dengan ilmu santet. Bahkan hingga kini, masih banyak praktek mistis itu oleh orang-orang setempat yang mengaku sebagai dukun dan paranormal.(60K)