Pasar Bakal Dijaga Aparat, Pedagang dan Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Pasar Bakal Dijaga Aparat, Pedagang dan Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

27/07/2021 21:00 0 By Syakir

Gubernur Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie membagikan masker kepada penjual dan pembeli di pasar Senin, Moodu, Kota Timur, Kota Gorontalo (F. Salman).

Hulondalo.id – Pemerintah Provinsi Gorontalo segera memberlakukan PPKM Level 3. Perkantoran, hajatan, pusat perbelanjaan seperti mall atau pasar, dibatasi jumlah pengunjungnya. Khusus di pasar tradisional, Gubenur Gorontalo Rusli Habibie meminta aparat untuk turun setiap hari.

Saat rapat bersama pimpinan OPD, Gubernur Rusli mengatakan, saat pemberlakuan PPKM Level 3 nanti, seluruh kepala daerah diminta untuk konsisten dengan ucapan dan kebijakan yang dilahirkan.

Sindiran Rusli itu beralasan. Dirinya mencontohkan seperti di Pasar Moodu Kota Gorontalo. Tidak ada satupun petugas yang berada di pasar tradisional itu untuk mensosialisasikan protokol kesehatan, ataupun turun membagikan masker.

“Coba kita Pemprov Gorontalo saja yang urus. Pak Kasatpol PP turun hari Senin ke pasar, dibantu dari BPBD, Dinas Kesehatan dan kalau perlu koordinasi dengan Kapolres dan Dandim. Taruh petugas di situ, sosialisasikan prokes, kita bagi bagikan masker,” tegas Rusli, saat rapat bersama pimpinan OPD, Selasa (27/7/2021)

Rusli ingin penanganan covid-19 dilakukan lebih realistis dan langsung dirasakan oleh masyarakat. Hal sederhana yakni mengatur pasar tradisional sebagai tempat yang potensial penularan virus corona.

Dirinya pun meminta aparat terkait, untuk turun setiap hari di kabupaten/kota sesuai jadwal operasional pasar mingguan. Sosialsiasikan PPKM Level 3, utamanya soal protokol kesehatan.

“Tadi malam jam 12 saya masih telponan dan Kapolda. Beliau sampaikan apapun kebijakan saya untuk penanganan covid-19 beliau siap dukung. Pasukannya siap maju,” imbuhnya.

Bagi Gubernur 2 periode itu, penanganan covid-19 tidak cukup hanya diseriusi oleh pemerintah pusat dan provinsi. Pemerintah kabupaten dan kota juga, harus turun dan peduli terhadap rakyatnya. (*)