Pasca Banjir Gorontalo, Sudah 1.000 Kubik Sampah dan Lumpur Diangkut Dinas PUPR

Pasca Banjir Gorontalo, Sudah 1.000 Kubik Sampah dan Lumpur Diangkut Dinas PUPR

18/06/2020 21:41 0 By Alex

Proses pembersihan sampah dan lumpur oleh Dinas PUPR Provinsi Gorontalo di sekitar pasar Kelurahan Bugis, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo.(F. Dinas PUPR)

Hulondalo.id – Terhitung setelah 2 hari, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo sudah mengangkut sedikitnya 1.000 kubik sampah dan lumpur di wilayah terdampak banjir di Kota Gorontalo, Kamis (18/6/2020).

Sampah dan lumpur yang telah dibersihkan itu kemudian diangkut dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talumelito, Kabupaten Gorontalo.

“Sejak kemarin hingga hari ini, sudah ada 1.000 kubik sampah dan lumpur yang telah diangkut ke TPA. Sesuai instruksi pak Gubernur, kami akan terus membantu masyarakat membersihkan lumpur atau sedimen banjir ini,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas PUPR Provinsi Gorontalo, Romen S Lantu.

Sebelumnya, Gubernur Gorontalo menginstruksikan agar OPD ikut membantu masyarakat terdampak banjir di Kota Gorontalo maupun Bone Bolango. Tercatat ada 29 dump truk dan 2 alat berat yang dikerahkan ke lokasi pasca banjir.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo, Handoyo Sugiharto mengatakan, selain 29 mobil dump truck, ada 1 unit grader milik Dinas PUPR Provinsi Gorontalo telah membersihkan sampah beserta lumpur yang ada di sepanjang jalan maupun di permukiman warga.

“Kami mengerahkan 29 truck yang kita pakai untuk mengangkut lumpur dan sampah. Diharapkan hari ini setelah staf dan grader membersihkan lumpur akan dilanjutkan dengan penyiraman oleh pemadam dan muda-mudahan itu bisa mempercepat menghilangkan lumpur-lumpur yang ada sepanjang jalan kawasan pasar kampung Bugis,” tandas Handoyo.(adv/alex)