Pasca Gubernur Rusli Positif Covid-19, Swab Dilakukan Terhadap 30 Orang

Pasca Gubernur Rusli Positif Covid-19, Swab Dilakukan Terhadap 30 Orang

26/07/2021 15:05 0 By Maman

dr. Yana Yanti Suleman

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH,. saat diwawancarai. (F.Inkri)

Hulondalo.id – Pasca Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengumumkan terkonfirmasi positif Covid-19 baru-baru ini, swab antigen langsung dilakukan terhadap kontak erat. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman mengatakan, 30 orang telah menjalani swab antigen.

Swab tersebut kata dr. Yana, dijalani mulai dari istri, ajudan, sopir, dan seluruh pegawai yang bertugas di rumah dinas, hingga ke petugas cleaning service asisten rumah tangga.

“Kita juga sebagai pejabat yang selalu mendampingi pak Gubernur, sudah di swab, setiap hari Senin juga pejabat melakukan swab antigen, jika positif dilanjutkan dengan swab PCR,” kata dr. Yana saat diwawancarai oleh Hulondalo.id, Senin (26/7/2021).

dr. Yana juga mengatakan, belum bisa memastikan apakah penularan Covid-19 ini dari Gubernur atau diri sendri yang bersangkutan sudah positif lebih awal. Namun, merujuk petunjuk dati WHO, jika 1 orang terkonfirmasi positif, maka minimal 15 kontak yang harus diperiksa.

“Lebih dari 30 orang di swab pasca Gubernur positif Covid-19, diantaranya ada 2 yang terkonfirmasi positif dan langsung menjalani isolasi terpusat,” terangnya. (Inkri)