Pasien Covid-19 Bertambah, PPKM di Tibawa Diperketat

Pasien Covid-19 Bertambah, PPKM di Tibawa Diperketat

07/07/2021 20:25 0 By Maman

Roni Sampir

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir.

Hulondalo.id – Pemkab Gorontalo akan memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Sebab, pasien Covid-19 di Kabupaten Gorontalo bertambah 35 orang.

“35 orang ini hasil tracing kasus tanggal 4 Juli 2021 yakni  klaster bandara,” kata Kepala Dinas Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir, Rabu (07/07/2021).

Tanggal 4 Juni 2021 kata Roni, KPP Kesehatan Pelabuhan melakukan tes PCR. Dari 207 orang, ada 54 orang diantaranya terkonfirmasi. Setelah dilakukan tracing lagi, positif covid-19 ketambahan 35 orang.

Paling banyak pasien positif ini ada di Kecamatan Tibawa. Sehingga kata Roni, Kecamatan Tibawa menjadi zona merah.

“Pemkab Gorontalo berkolaborasi dengan TNI Polri, untuk memutus mata rantai penularan dilakukan evakuasi terhadap pasien covid-19, untuk diisolasi mandiri dan isolasi terpusat bagi meraka yang tak mempunyai gejala, bagi bergejala akan dirujuk ke rumah sakit,” jelas Roni.

Ia menambahkan, tim surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo akan melakukan tracing kontak melalui tes antigen. Ketika ada yang terkonfirmasi positif, maka akan lanjutkan dengan tes PCR.

“Jadi, yang positif covid-19 untuk Kabupaten Gorontalo berjumlah 89 orang. Dengan bertambahnya jumlah pasien covid-19 PPKM mikro di Kecamatan akan diperketat,” pungkas Roni. (Pin/Adv)