PDIP Minta Maaf ke Gubernur, Polemik Boalemo Selesai

PDIP Minta Maaf ke Gubernur, Polemik Boalemo Selesai

08/02/2019 23:07 0 By Syakir

Kris Wartabone
Ketua DPD PDIP Gorontalo

Hulondalo.id – Kris sebagai Ketua DPD PDIP, meminta maaf langsung ke Gubernur Rusli Habibie, atas insiden di Boalemo. Bahkan, Kris meminta Bupati Boalemo Darwis Moridu, untuk tidak perlu mengambil langkah hukum, atau apapun namanya.

Bagi Kris, persoalan marah-marahnya Bupati Boalemo Darwis Moridu ke Pemprov, hanyalah masalah antar lembaga pemeritahan, dan bukan persoalan pribadi apalagi konflik politik.

Dirinya pun sepakat dengan sikap Gubernur Rusli Habibie, yang sejak awal ingin menyudahi persoalan ini, dan langsung meminta maaf terbuka kepada Bupati Boalemo dan masyarakat setempat, saat itu juga.

Dan memang diakuinya, jika persoalan ini berkepanjangan, maka bisa memberikan pengaruh negatif pada koaliasi pengusung Jokowi – Ma’ruf Amin di Gorontalo.

“Saya juga telah memerintahkan kepada Pak Laode (Laode Haimuddin, Sekretaris DPD PDIP Gorontalo), untuk menemui Pak Bupati Boalemo untuk menyampaikan hal ini. Saya juga kenal Pak Darem, beliau juga pasti tidak ingin masalah ini berkepanjangan,” ungkap Kris yang mengaku, sempat menemui Gubernur Rusli Habibie usai sholat Jumat.

Yang jadi masalah saat ini hingga polemik ini berlarut-larut, menurut Kris, dikarenakan ada pihak yang coba memanfaatkan situasi. Parahnya, gara-gara segelintir orang itu, Bupati Boalemo sampai melakukan blunder saat pidato dalam kampanye PDIP.

“yang saya sesalkan, belakangan saya melihat ada pihak-pihak yang mencoba mengail di air keruh dengan memanasi Pak Bupati, sehingga persoalannya menjadi makin panjang,” ungkap Kris saat ditemui di kediamannya di Suwawa, Bone Bolango, Jumat (8/2/2019).

Upaya segelintir orang bahkan sampai salah satu tokoh besar di Gorontalo, yang terkesan memanas-manasi Bupati Boalemo, hingga melakukan blunder saat berpidato di kampanye PDIP, menurut Kris menjadi penyebab berlarutnya situasi ini.

Kris meyakini, keutuhan koalisi pengusung Jokowi – Makruf di Gorontalo tidak terganggu. Apalagi, jiwa besar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang juga sebagai ketua DPD I Partai Golkar Gorontalo, yang sejak awal bersikap low profile langsung meredam gesekan ini menjadi lebih panas lagi.

“Kasihan masyarakat kalau masalah ini terus diangkat. Kita sudahi saja, semuanya demi ukhuwah juga. Masih banyak persoalan kemasyarakat yang butuh perhatian kita semua,” pungkas Kris. (zhuk)