Pekan Depan, Kota Gorontalo Bakal Terapkan PSBB

Pekan Depan, Kota Gorontalo Bakal Terapkan PSBB

01/10/2020 19:25 0 By Alex

PSBB-gorontalo

Hulondalo.id – Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) akan kembali diterapkan di wilayah Kota Gorontalo. Hal itu menyusul masih tingginya kasus positif Covid-19 di ibukota provinsi Gorontalo itu.

Data terakhir Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo per tanggal 30 September 2020 menyebutkan, total kasus positif Covid-19 mencapai 2.753 orang.

Jika dirinci, terdapat 394 orang masih dirawat atau dikarantina, 77 orang meninggal dunia dan 2.282 dinyatakan sembuh.

Dari angka itu, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango masih menjadi wilayah zona merah. Terdapat 231 orang warga Kota Gorontalo yang dirawat, 96 orang di Kabupaten Gorontalo 96 orang dan 49 orang di Kabupaten Bone Bolango.

“Tadi kami sudah rapat dengan melihat perkembangan Covid-19 di Kota Gorontalo sudah cukup tinggi, maka saya perintahkan pak walikota segera bikin PSBB. Hari ini suratnya kita proses,” tegas Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat pemusnahan minuman keras jenis cap tikus di SPN Polda Gorontalo, Kamis (1/10/2020).

Diharapkan Gubernur, PSBB khusus di Kota Gorontalo tersebut bisa dilaksanakan pekan depan. Meski demikian, belum dirinci apa saja detail pelaksanaan PSBB itu, misalnya soal membatasi aktivitas perdagangan, perkantoran dan transportasi dari dan menuju Kota Gorontalo.

“Kita lihat nanti bagaimana penerapannya. Kalau memang sudah mendesak, kita perketat lagi. Terutama sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Tidak pakai masker, yang jualan tidak patuh protokol kesehatan dan sebagainya,” sambung Rusli.

Tak hanya itu, Gubernur juga meminta dukungan dari penjabat sementara (Pjs) Bupati Gorontalo dan Pjs Bupati Bone Bolango untuk mendukung suksesnya PSBB tersebut. Pasalnya 2 daerah tersebut, kata Rusli, merupakan daerah penyangga ibukota provinsi Gorontalo tersebut.

“Saya berharap agar masyarakat dapat menaati kebijakan PSBB di Kota Gorontalo jika sudah resmi diberlakukan,” tandas dia.(adv/alex)