Pelatihan UMKM, Hendra Ingatkan Pentingnya Kualitas Produk

Pelatihan UMKM, Hendra Ingatkan Pentingnya Kualitas Produk

23/03/2021 19:19 0 By Maman

Pelatihan UMKM Wabup Hendra

Wabup Gorontalo, Hendra Hemeto membuka pelatihan UMKM. (foto:hms)

Hulondalo.id – Kualitas produk yang diproduksi oleh UMKM diingatkan Wabup Gorontalo, Hendra Hemeto agar serius diperhatikan dan ditingkatkan. Kualitas yang semakin baik kata Wabup, maka nilai jual juga makin tinggi.

Selasa (23/3/2021), saat membuka pelatihan peningkatan kualitas produk UMKM, Wabup mengatakan, bicara soal UMKM maka itu pasti berhubungan dengan modal usaha. Paling utama kata dia, UMKM harus berani dan jujur.

“Sehingga UMKM yang kita geluti, bisa bertahan, meski ditengah digitalisasi saat ini, degan nilai jual yang tinggi juga,” ujar Hendra dalam pelatihan yang dilaksanakan Dinas Koperasi UMKM, Kabupaten Gorontalo di Hotel Milana Limboto.

Karenanya kata Wabup, agar pelaku UMKM paham produknya memiliki nilai jual, mereka diberikan pelatihan.

“Pelatihan ini mejadi modal untuk meningkatkan kualitas produk UMKM,” ungkap Hendra.

Sementara itu, Plt Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Gorontalo, Doni Lahati menuturkan, UMKM merupakan poros utama dalam pembangunan. Namun kata dia, sangat disayangkan saat ini, UMKM jumlahnya sedikit.

“Dan untuk menumbuhkan UMKM di Kabupaten Gorontalo, kami berupaya meningkatkan kualitas UMKM, khususnya pembinaan manajemen, sehingga UMKM bisa bertahan,” tutur Doni.

Doni juga mengatakan, banyak UMKM tak mampu bertahan, disebabkan beberapa hal. Salah satunya, berkaitan dengan permodalan dan pemasaran.

“Pelatihan ini kami melibatkan Bank Indonesia, dengan harapan, pelaku UMKM mendapatkan modal usaha lewat program KUR serta BI dapat memasarkan produk UMKM,” harap Doni. (Pin/Adv)