Peluncuran Calendar of Event Pariwisata Gorontalo 2020 Berlangsung Semarak

Peluncuran Calendar of Event Pariwisata Gorontalo 2020 Berlangsung Semarak

22/02/2020 00:27 0 By Alex
Calendar of Event Pariwisata Gorontalo 2020

Peluncuran Calendar of Event Pariwisata Gorontalo Tahun 2020 yang digelar di Hotel
Gammara, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (21/2/2020). (F. Hasan/gopos.id)

Hulondalo.id – Pemerintah Provinsi Gorontalo resmi meluncurkan Calendar of Event Pariwisata 2020 di Hotel Gammara, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (21/2/2020).

Calendar of Event Pariwisata 2020 ini terdapat 172 event pariwisata dan budaya. Jika dibagi per daerah, ada 54 event di Bone Bolango, 45 event di Kabupaten Gorontalo, 4 event di Kota Gorontalo, 11 event di Kabupaten Pohuwato, 5 event di Kabupaten Boalemo dan 7 event di Kabupaten Gorontalo Utara.

Bahkan, dari 172 event Pariwisata itu, 2 di antaranya masuk 100 Top Calendar of Event Kementerian Pariwisata, masing-masing Gorontalo Karnaval Karawo dan Festival Saronde.

Sebelumnya, peluncuran Calendar of Event Pariwisata 2020 turut dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi, Ari Juliano Gema.

Mewakili Gubernur Gorontalo, Asisten I Setda Provinsi Gorontalo Syukri Botutihe membuka kegiatan itu. Hadir pula Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto.

Pada kesempatan itu, Ari Juliano Gema mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi Gorontalo meluncurkan Calendar of Event Pariwisata Gorontalo yang digelar di Kota Makassar.

“Kami meyakini, ketika sebuah daerah itu berkembang maka daerah lain akan ikut berkembang pula. Oleh karena itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap daerah lain juga ikut melakukan sebagaimana yang dilakukan Gorontalo,” kata Ari Juliano, seperti dikutip dari laman gopos.id.

Tahun ini, lanjut Ari, pihaknya telah menetapkan 5 super prioritas destinasi wisata Nasional. Ketika Tahun 2020 ini pembangunan infrastruktur rampung, maka diharapkan Gorontalo ikut memaksimalkan destinasi wisatanya.

“Jadi, bagaimana mendorong wisatawan yang berkualitas. Artinya membuat wisatawan lebih lama tinggal sehingga lebih banyak membelanjakan uangnya,” sebut dia.

Peluncuran Calender of Event Pariwisata Gorontalo turut dimeriahkan dengan penampilan budaya Gorontalo. (F. Hasan/goposid)

Sementara itu, Asisten I Setda Provinsi Gorontalo Syukri Botutihe menyampaikan, pelaksanaan peluncuran Calendar of Event Pariwisata Gorontalo 2020 dilaksanakan di Makassar dalam rangka membangun sinergi antar daerah dalam membangun sektor pariwisata.

“Bila kita berjalan sendiri-sendiri, maka akan lambat. Olehnya, perlu adanya sinergi, yang salah satunya dilaksanakan oleh Provinsi Gorontalo. Ini juga merupakan kesepakatan bersama para kepala daerah se-Sulawesi,” sebut Syukri

Hadir pula Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf, Sekretaris Daerah Gorut Ridwan Yasin, pimpinan perbankan serta asosiasi biro perjalanan ASITA, warga rantau Gorontalo yang tergabung dalam KKIG Makassar  serta pimpinan OPD provinsi dan kabupaten/kota se-provinsi Gorontalo.(adv4/Alex)