Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pilkada Tolitoli Disepakati

Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pilkada Tolitoli Disepakati

24/09/2020 09:20 0 By Maman

KPU Tolitoli menggelar rakor membahas pemasangan APK Paslon Pilkada Tolitoli tahun 2020. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Tolitoli, diijinkan untuk memasang Alat Peraga Kampanye (APK) dimana saja, kecuali dibeberapa tempat yang telah ditentukan. KPU Tolitoli juga nantinya, akan memfasilitasi pembuatan APK ini, namun sesuai dengan ketentuan.

Komisioner KPU Tolitoli, Muhadir mengatakan, larangan zona pemasangan APK dari paslon Pilkada 2020 di Tolitoli telah ditetapkan. Zona tersebut yakni, fasilitas pemerintah, gedung sekolah dan rumah-rumah ibadah, serta beberapa titik dijalur jalan wilayah Kecamatan Baolan.

“Paslon bebas memasang APK kecuali di tempat-tempat yang dilarang sesuai dengan kesepakatan, contohnya di sarana ibadah, pemerintahan dan pendidikan,” kata Muhadir dalam rapat koordinasi terkait menetapkan larangan untuk zona pemasangan APK di 10 kecamatan.

KPU Tolitoli kata dia, akan memfasilitasi pembuatan APK ini dengan ketentuan, baliho 5 buah, umbul-umbul 20 buah dan spanduk 2 buah untuk setiap Desa dan Kelurahan. Begitu juga ukuran baliho telah ditetapkan, paling besar 4×7 meter, umbul-umbul paling besar 5×1,15 meter dan spanduk 1,5×7 meter.

“Paslon dapat menambah atau menggandakan 200% APK dari jumlah yang difasilitasi oleh KPU, namun ukuran APK harus sesuai dengan kesepakatan dengan KPU,” ungkap Muhadir di aula Sekertariat KPU Tolitoli, Selasa, (22/9/2020).

Pada pemasangan APK nanti, Muhadir menghimbau, agar memperhatikan estetika, tidak mengganggu pengguna jalan. Karenanya kata dia, dibutuhkan komitmen dari tim paslon, agar memasang APK sesuai dengan kesepakatan bersama.

Sesuai jadwal, masa kampanye akan dimulai dari tanggal 26 September sampai tanggal 5 Desember 2020 mendatang. Penertiban hingga mencabut APK tak menutup kemungkinan kata Muhadir, akan dilakukan apabila didapati ada APK yang terpasang di lokasi yang masuk dalam zona larangan.

Terhadap APK yang telah terpasang sebelumnya, Muhadir meminta kepada tim paslon, agar menertibkannya. Penertiban APK diberi waktu hingga tanggal 26 September 2020. (Andis)