Pembangunan DAS di Bonebol, Paris Djali Minta Tenaga Lokal Diberdayakan

Pembangunan DAS di Bonebol, Paris Djali Minta Tenaga Lokal Diberdayakan

27/02/2021 01:56 0 By Jeffry

Rapat Komisi II DPRD Bonebol dengan pihak terkait membahas pembangunan DAS di Kabupaten Bonebol

Hulondalo.id – Sekretaris Komisi II Paris Djali menyambut baik pembangunan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol).

Menurutnya, pembangunan DAS baik DAS Tamalate, Bulango dan Bone merupakan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat yang disampaikan oleh Komisi II kepada BWSS II.

“Alhamdulillah, kucuran anggaran di Bonebol untuk infrastuktur itu terbilang besar. Dan saat ini sesuai pantauan kami sudah mulai dalam tahap pekerjaan. Itu artinya aspirasi kita didengar oleh pihak BWSS II,” ujar Paris belum lama ini.

Meski demikian, dirinya mewanti-wanti pihak ketiga dalam hal ini kontraktor pelaksana untuk dapat mengerjakan proyek tersebut sebaik mungkin dan tidak terkesan asal-asalan.

“Itu kita minta pembangunannya harus dikerjakan dengan profesional, baik spek dan kualitas itu harus dipenuhi sesuai kontrak,” tegas Paris.

Sebab, kata dia, tugas dari Komisi II itu membidangi pembangunan dan turut andil dalam pengawasan pembangunan di daerah baik anggaran dari APBN maupun APBD.

“Semua anggaran apapun itu kami di daerah ikut terlibat untuk mengawasi. Meskipun tidak semua ruang kami bisa masuk. Tapi karena ini adalah dapil kami, maka kami berhak mengawasi,” sebut dia.

Disamping itu, dirinya meminta kepada pihak kontraktor untuk dapat memberdayakan masyarakat sekitar atau tenaga lokal untuk bisa dilibatkan dalam pekerjaan tersebut.

“Kami minta pihak ketiga itu dapat melibatkan masyarakat sekitar, karena di situasi pandemi saat ini turut berimbas pada sisi ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Dirinya berharap pembangunan DAS tersebut dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan peningkatan infrastruktur di Kabupaten Bonebol.

“Olehnya, pembangunan DAS ini mendapat dukungan masyarakat terutama warga sekitar. Dan tidak menghalangi pekerjaan tersebut demi peningkatan infrastruktur di Kabupaten Bonebol,” tandasnya.