Pembatasan Skala Mikro di Gorontalo, Berharap Warga Positif Covid-19 Cepat Terdeteksi

Pembatasan Skala Mikro di Gorontalo, Berharap Warga Positif Covid-19 Cepat Terdeteksi

02/06/2021 15:13 0 By Syakir

Kepala Dinas Kesehatan Provindi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman

Hulondalo.id – Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro ini resmi diterapkan di beberapa daerah di Gorontalo. Kepala dinas kesehatan Provinsi dr. Yana Yanti Suleman, berharap warga yang terkofirmasi positif covid-19 bisa cepat terdeteksi, begitu pula para kontak eratnya.

“Ketika ada yang terkonfirmasi positif di tingkat RT karena basisnya mikro, harus diperiksa kontak eratnya sampel 30 orang di wilayah RT tersebut,” ungkapnya, Rabu (2/6/2021).

Tidak sampai disitu, disarankan dr. Yana, jikalau kedapatan positif pada sampel 30 orang yang terkonfirmasi, maka perlu diperiksa lagi kontak eratnya masyarakat sekitarnya.

“Nah, di tingkat RT tersebut, bukan hanya petugas kesehatan, namun ditempat tersebut ada Babinsa, babinkamtibmas, hingga aparat kelurahan serta masyarakat. Kata Yana, itu menjadi 1 tim yang sudah di SK-kan oleh lurah atau kepala desa,” terang Yana.

“Itu laporannya berjenjang sampai ke Bupati atau Walikota. Jadi, penanggungjawab terhadap PPKM ini adalah Walikota dan Bupati Se-Provinsi Gorontalo, ditingkat provinsi memantau dan berkoordinasi di masing-masing daerah” sambung Yana.

Diharapkan Yana, dalam pelaksanaan PPKM ini, masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat dan khususnya bagi tenaga pendidik, kesehatan untuk menjadikan contoh dalam penerapan hal demikian. (Inkri/Adv)