Pembebasan Lahan Secaba TNI AD Capai 90%

Pembebasan Lahan Secaba TNI AD Capai 90%

14/04/2021 21:12 0 By Maman

Rapat Pembebasan Lahan Secaba

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bersama Wabup Gorontalo, Hendra Hemeto mengikuti rapat persiapan pembangunan Secaba TNI AD. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Pembebasan lahan untuk pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI AD, yang berlokasi di Kabupaten Gorontalo, nampaknya akan segera terwujud.

“Diupayakan segera rampung, utamanya dari segi lahan,” kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, usai rapat bersama pihak terkait, di Ruang Madani, Rabu (14/04/2021).

Dalam rapat tersebut, PT. Perkebunan Tilata selaku pemilik lahan Hak Guna Usaha (HGU), sudah setuju lahannya dimanfaatkan untuk pembangunan Secaba. Mereka juga kata Bupati, tidak mempermasalahkan hal lain seperti besaran pembayaran.

“Kita masih terkendala dari sistem pembayaran, pemilik meminta pembayaran dilakukan tiga tahap, dan bulan ini sudah ada tahap pertama walaupun itu terbatas, sementara dari kita dua tahap, itu akan dilakukan bulan September atau pada anggaran perubahan,” ungkap Nelson.

Bupati juga menjelaskan, koordinasi akan dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo, dalam hal ini Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

“Prinsipnya, pembebasan lahan sudah mencapai 90%, hanya saja kita terkendala pada tahapan pembayaran lahan, kami akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi,” kata Bupati.

Meski begitu kata Bupati, upaya mencari solusi dan menyelesaikan persoalan yang ada, terus dilakukan dengan harapan, pembangunan Secaba dapat dimulai tahun ini.

Sementara itu, pembangunan Secaba direncanakan akan dibangun di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo. Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan membebaskan lahan sekitar 40 hektar untuk tahap pertama. (Pin/Adv)