Pemberian Gelar Adat, Pemangku Adat se Gorontalo Utara Bikin Pertemuan

Pemberian Gelar Adat, Pemangku Adat se Gorontalo Utara Bikin Pertemuan

27/03/2021 06:53 0 By Maman

Thamrin Yusuf

Asisten I Setda Gorontalo Utara, Thamrin Yusuf.

Hulondalo.id – Gelar adat akan diberikan kepada 4 putra Gorontalo masing-masing, Suharso Monoarfa, Zainudin Amali, Sandiaga Uno dan Roem Kono. Sebelum gelar ini diberikan, prosesi adat masih akan dilakukan, termasuk pertemuan para pemangku adat se Gorontalo Utara.

Jum’at (26/3/2021), Asisten I Setda Gorontalo Utara, Thamrin Yusuf menerima kunjungan para pemangku adat se Gorontalo Utara. Para pemangku adat ini kata Thamrin, bertemu menggelar pemakluman kepada Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin sebagai Tauwa Lo Madala.

Ketua Adat Gorontalo Utara ini juga mengatakan, dalam pertemuan tersebut, para pemangku adat menyampaikan tentang rencana pertemuan adat se Provinsi Gorontalo atau, “Dulohupa Wau Mopotuwau Pahamu Tou Mopomonu Mao Lo Pulangga”.

Thamrin menjelaskan, gelar adat pulanga biasanya diberikan kepada seorang pejabat dalam lingkungan pemerintahan yang terdiri dari dua yaitu, Pulanga Dilito dan Pulanga Tinepo.

“Pulanga Dilito dianugerahkan kepada, Gubernur dan Wakil, Bupati dan Wakil Walikota, dan Wakil Camat, Taa uda’a/kimalaha/Wu’u/baate, Apitalau-talengada’a-mayuluda’a,” ungkap Thamrin.

Sedangkan Pulanga Tinepo kata Thamrin, dianugerahkan kepada putra daerah, dalam hal ini pejabat pemerintah ditingkat pusat yang merupakan putra daerah Gorontalo.

Thamrin menambahkan, Pohutu Mo Mulanga ini, memiliki nilai yang strategis bagi yang bersangkutan dan masyarakat Gorontalo. Khususnya kata dia, pada sisi pelestarian khasanah budaya daerah.

“Dalam artian bahwa, ini tolak ukur seseorang dalam jabatannya sebagai sumber pola anutan dalam setiap aktivitasnya, karena sebagai pemimpin yang dipercaya oleh rakyat,” ujar Thamrin.

Sepeti diketahui bahwa, keempat putra daerah Gorontalo tersebut, saat ini mengemban amanah di pemerintah pusat. Suharso Monoarfa menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) RI.

Zainudin Amali menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno dan, Duta Besar RI untuk Bosnia Herzegovina Roem Kono. (Prin/Adv)