Pemda Boalemo Terima Bantuan Benih Jagung Hibrida

Pemda Boalemo Terima Bantuan Benih Jagung Hibrida

16/06/2021 11:04 0 By Yadin

Wagub Idris Rahim saat menyerahkan bantuan untuk warga Boalemo. (f.istimewa)

Hulondalo.id – Pemerintah Daerah Boalemo menerima bantuan benih jagung jibrida dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, Selasa (15/6/2021).

Bantuan itu diserahkan oleh Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, kepada Pelaksana Tugas Bupati Boalemo, Anas Jusuf, untuk kelompok Tani di Desa Hutamonu, Kecamatan Botumoito.

“Bantuan benih jagung ini untuk sekarang diperlukan masyarakat petani. Sehingga itu, perlu bapak ibu ketahui bahwa jatah kita di Provinsi Gorontalo itu hanya 153 ribu hektar, dan di Kabupaten Boalemo sendiri sebenarnya hanya 17 ribu hektar, tetapi sekarang mendapatkan jatah 35 ribu hektar,” ungkap Wagub Gorontalo, Idris Rahim.

Kata Idris, bonus dari bantuan itu untuk kepentingan rakyat, dan juga dikarenakan geografi Boalemo memiliki kemiringan rata-rata 15 persen sampai 20 persen.

“Saya harap kepada para petani agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, jangan diperjual belikan,” pesannya.

Sementara itu, Anas Jusuf menjelaskan, kemiringan lahan 15 persen di Boalemo sudah didiskusikan dengan Kepala Dinas Provinsi Gorontalo.

“Kalau sesuai ketentuan, sebenarnya tidak bisa lagi untuk digarap, tetapi kami sampaikan kepada bapak Gubernur, kalau bisa secara bertahap dikurangi. Untuk itu, lahan-lahan kemiringan 15 persen, kalau bisa jangan ditambah lagi luasnya. Hal ini akan merusak lingkungan, sehingga menyebabkan longsor dan banjir,” tandas Anas Jusuf. (Rifal/Adv)