Pemda Bonebol Fokus Pengembangan Kawasan Pertanian Terpadu di Dusun Gindapi

Pemda Bonebol Fokus Pengembangan Kawasan Pertanian Terpadu di Dusun Gindapi

13/01/2021 19:50 0 By Jeffry

Bupati Bonebol Hamim Pou saat meninjau sarana irigasi di dusun Gindapi, Desa Bondawuna. Kecamatan Suwawa Selatan.(F.Kominfo)

Hulondalo.id – Pemerintah Daerah Bone Bolango berencana akan memanfaatkan lahan pertanian yang ada di dusun Gindapi, Desa Bondawuna, Kecamatan Suwawa Selatan untuk ditanami pisang. Hal ini dilakukan untuk menyokong salah satu program pemerintah dalam pengembangan kawasan pertanian terpadu.

“Dusun Gindapi mempunyai lahan pertanian yang cukup memadai untuk pengembangan kawasan pertanian.
Dan potensi pertanian terpadu di dusun itu sekitar 750 hektare.” kata Hamim Pou, Rabu, (13/1/2021).

Apalagi kata Hamim, kawasan pertanian yang ada di dusun tersebut juga didukung saluran irigasi yang memadai dalam menopang kebutuhan air di sektor pertanian.

“Kami akan mengurus izin pinjam pakai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dan Ini sebenarnya rencananya sudah lama. Kami sudah buat DED (Detail Engineering Design) untuk peternakan tapi untuk kali ini kita akan tambahkan dengan lahan penanaman pisang lebih kurang 200 hektare,” ucap Hamim.

Selain itu, Hamim juga akan menjalin kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM serta Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dalam mendukung pengembangan lahan pertanian dan peternakan di kawasan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango Roswaty Agus berharap perencanaan yang sudah direncanakan sejak lama ini bisa dapat terwujud agar nantinya bisa dimanfaatkan untuk pengembangan komoditas pertanian lain.

“Tidak menutup kemungkinan juga di Dusun Gindapi ini akan dikembangkan komoditas porang yang sekarang ini lagi banyak diminati oleh masyarakat,” imbuhnya.(Jeff)