Pemeriksaan BPK, OPD Bonebol Diminta Siapkan Dokumen Pendukung

Pemeriksaan BPK, OPD Bonebol Diminta Siapkan Dokumen Pendukung

01/02/2021 23:09 0 By Jeffry

Inspektur Bonebol Fredy H. Achmad

Hulondalo.id – Inspektur Kabupaten Bonebol Fredy H. Achmad meminta seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Bone Bolango (Bonebol) untuk mempersiapkan seluruh dokumen pendukung seiring akan dilaksanakannya proses pemeriksaan pendahuluan audit rinci dan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 oleh BPK RI Perwakilan Gorontalo pada bulan Februari ini.

“Setiap tahun pemda akan menyampaikan laporan keuangan konsolidasi kepada BPK RI paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir, dan proses pemeriksaan oleh BPK itu terbagi menjadi 2 tahap, yakni audit pendahuluan dan audit terinci,” ujar Fredy H. Achmad, Senin (1/2/2021).

Adapun dokumen pendukung pemeriksaan tersebut kata dia beberapa diantaranya yakni laporan fungsional bendahara pengeluaran selang Januari hingga Desember 2020, daftar rekening koran bendahara pengeluaran, BAP kas dan register penutupan kas yang telah diperiksa oleh inspektorat per 31 Desember 2020.

Selain itu, hal lain yang wajib disiapkan oleh OPD dan menjadi fokus BPK beberapa diantaranya yakni, sisa kas di bendahara pengeluaran harus sesuai dengan hasil stok opname dan tidak boleh ada ketekoran kas atau kecurangan, pengeluaran harus berbanding lurus dengan pencatatan BKU, baik sisa UP/GU/TU maupun sisa pajak yang belum disetor.

Berdasarkan laporan keuangan inilah, kata dia, BPK akan melihat seberapa besar tingkat kepatuhan pemerintah daerah terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan seberapa efektif dan efisien pemerintah daerah menjalankan Sistem Pengendalian Intern (SPI).

“Nanti akhir dari proses pemeriksaan ini, BPK akan menerbitkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang terdiri dari buku 1 berisi penjelasan resume hasil pemeriksaan serta pernyataan pendapatan audit laporan keuangan serta penjelasan pos-pos dalam laporan keuangan (CaLK),” tandas mantan Kabag Hukum Setda Kabupaten Bonebol ini.(Jeff)