Pemeriksaan Kusta Bisa di Puskesmas, dr. Irma: Tak Dipungut Biaya

Pemeriksaan Kusta Bisa di Puskesmas, dr. Irma: Tak Dipungut Biaya

22/02/2021 12:24 0 By Maman

dr. Irma Cahyani Ranti

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Provinsi Gorontalo, dr. Irma Cahyani Ranti.

Hulondalo.id – Pemeriksaan penyakit kusta kini bisa dilakukan di puskesmas. Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Irma Cahyani Ranti mengatakan, pengobatan, pemeriksaan penyakit kusta tidak dipungut biaya.

Kamis, (18/2/2022) dr. Irma mengatakan, penyakit yang disebabkan bakteri mycobacterium leprae ini menular akibat kontak fisik. Namun kata dia, jika pengobatan secara rutin dilakukan, maka akan sembuh paling cepat 6 bulan dan paling lama 18 bulan.

“Gejala awalnya berupa bercak di badan, bercak yang mati rasa, tidak gatal dan tidak sakit, bercak putih atau merah, segera periksa,” kata dr. Irma.

Jika dibiarkan kata dia, bakteri ini akan menyerang saraf. Jari akan putus, kaki bengkok dan jalan akan terseok-seok. Jika sebelumnya kusta sudah sembuh dan kuman sudah hilang, tapi cacat tidak akan hilang.

Hingga tahun 2020 kata dr. Irma, pasien penderita penyakit kusta di Provinsi Gorontalo ada, 209. Khusus ditahun 2020, ada 82 kasus baru. Namun dr. Irma mengatakan, penemuan serta pendataan yang dilakukan Dinas Kesehatan, masih terbatas.

Sehingga, kasus yang ditemukan pasif dan, tidak menggambarkan keadaan yang sebenarnya.

“Pandemi Covid-19, membuat petugas tidak bisa sering ke rumah penduduk, masyarakat juga takut ke Puskesmas, karenanya, kami belum yakin ini gambaran yang sesungguhnya,” pungkasnya. (MG04/Adv)