Pemerintah Umumkan Pembatalan Ibadah Haji Tahun Ini

Pemerintah Umumkan Pembatalan Ibadah Haji Tahun Ini

02/06/2020 11:51 0 By Maman

Menteri Agama RI Fachrul Razi dalam konferensi pers menyampaikan keputusan Ibadah Haji tahun 2020. (yotutube/kemenag)

Hulondalo.id – Pemerintah pusat melalui Kemenag RI memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji tahun 2020 ini. Ini sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kemenang RI nomor 494 tahun 2020.

Keputusan ini disampaikan Menteri Agama RI Fachrul Razi dalam live streaming konferensi pers yang digelar (2/6/2020). Banyak pertimbangan disampaikan Fachrul dalam konferensi pers yang mendasari keputusan tersebut.

“Prioritas bagi kami dalam mempertimbangkan keputusan ini, adalah faktor kesehatan dan keselamatan serta perlindungan terhadap jemaah haji Indonesia, sejak berangkat dari embarkasi hingga kembali ke tanah air,” kata Fachrul.

Tak hanya itu, Fachrul juga mengatakan bahwa, resiko akan terganggunya pelaksanaan ibadah haji ditengah pandemi Covid-19, juga menjadi pertimbangan, dibatalkannya ibadah haji tahun ini.

Fahcrul juga mengakui, keputusan ini cukup pahit dan sulit. Disatu sisi kata dia, pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin dalam menjalankan tugas pembinaan, memberikan pelayanan pada pelaksanaan ibadah haji.

Pertimbangan cukup penting bagi pemerintah untuk membatalkan ibadah haji tahun ini, belum adanya kepastian dari pemerintah Arab Saudi untuk membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun.

“Akibatnya, pemerintah tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkan pelayanan hingga perlindungan terhadap jemaah haji,” ungkap Fachrul.

“Keputusan ini semoga menjadi yang terbaik dan paling tepat bagi kita semua,” tambahnya. (man)