Pemilu 2024, Jaharudin Ajak Pemuda & Mahasiswa Mengawal Demokrasi

Pemilu 2024, Jaharudin Ajak Pemuda & Mahasiswa Mengawal Demokrasi

30/10/2021 21:08 0 By Maman

Dialog Bawaslu Prov Gorontalo

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontal, Jaharudin Umar saat mengikuti dialog yang digelar KAMMI. (foto:inkri)

Hulondalo.id – Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Jaharudin Umar mengajak pemuda dan mahasiswa, untuk bersama mengawal pemilu tahun 2024 mendatang. Ada dua permasalahan yang sering terjadi dalam demokrasi yakni, politik uang dan netralitas ASN.

Menurut Jaharudin, kelompok pemuda dan mahasiswa menjadi kunci untuk mengawal dan mengawasi demokrasi ini. Dalam dialog bersama organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Jaharudin mengatakan, dua fenomena itu sering terjadi dalam pemilu maupun pemilihan kepala daerah.

“Karena itu, agar permasalahan ini tidak terus terjadi, maka komitmen kita sebagai penyelenggara dan kelompok pemuda, mahasiswa di Gorontalo harus ada,” ungkapnya kepada Hulondalo.id, Sabtu (30/10/2021).

Dia menjelaskan, banyak hal sudah dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Gorontalo diantaranya kerjasama dengan Perguruan Tinggi, Kelompok Masyarakat, membentuk Sekolah Kader Pengawas Partisipatif serta, Kelompok Mahasiswa dan pemuda.

Kini, kata Jaharudin, kita meyakini kelompok pemuda ini memiliki jejaring, komunikasi ini bukan hanya dalam bentuk forum, juga di media sosial adalah kuncinya.

“Tantangan di Pemilu tahun 2024 semakin berat, tetapi kita harus yakin akan melaksanakan ini dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KAMMI daerah Gorontalo, Ahmad Randi mengatakan, organisasi ini siap mengawal demokrasi tahun 2024 nanti. Salah satu wujudnya adalah, mengundang Bawaslu Provinsi Gorontalo dalam dialog tersebut.

“Dari materi yang diberikan, mampu menambah spirit semangat KAMMI mengawal lahirnya kepemimpinan periode berikut,” terangnya.

“Target terbesar KAMMI adalah jayakan Indonesia tahun 2024, persiapan menjayakan Indonesia harus dari sekarang,” tambahnya.

Sementara, selain dialog, juga dirangkaian dengan Musyawarah Daerah ke XII KAMMI untuk regenerasi baru bagi kepengurusan selanjutnya. Ada empat figur kata Randi, akan bertarung yakni, Sekjen KAMMI, Kabid Kebijakan Publik, Kabid Humas, dan Kabid Kaderisasi.

“Empat bakal calon ini siap untuk menjadi pemimpin setelah kepengurusan ini. Dan kegiatan ini akan diselenggarakan selama dua hari dimulai hari ini sampai besok,” tandasnya. (Inkri)