Pemkab Blitar Diminta Aktif Gelar Pelatihan, Tingkatkan Kualitas SDM Warganya

Pemkab Blitar Diminta Aktif Gelar Pelatihan, Tingkatkan Kualitas SDM Warganya

03/07/2020 11:25 0 By Syakir

Anggota DPRD Kabupaten Blitar (kiri) Candra Purnama, (kanan) Nur Fathoni

Hulondalo.id (Blitar) – Perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM), harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, sebagai salah cara menekan angka kemiskinan di daerah.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Kabupaten Blitar yang mewakili daerah pemilihan masing-masing, pada rapat paripurna dengan agenda pembacaan hasil reses, Rabu (1/7/2020).

Mewakili Dapil Satu, Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Nur Fathoni mengatakan, persoalan SDM ini sempat mengemuka dalam reses di daerah pemilihan (Dapil) satu. Masyarakat menginginkan pemerintah, menggiatkan lagi program program pelatihan, bagi generasi muda khususnya, untuk melahirkan tenaga tenaga yang lebih berkualitas.

Disisi lain, persoalan angka kemiskinan, perbaikan ekonomi, kebutuhan sarana pra sarana penunjang, hingga masalah ketenagakerjaan juga, menjadi fokus aspirasi masyarakat di dapil satu. “kami berharap, aspirasi ini ditindaklanjuti pemerintah daerah,” ungkap Aleg Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Hal senada juga disampaikan Candra Purnama, anggota DPRD Kabupaten Blitar dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), saat menyampaikan hasil reses dari Dapil II.

Menurutnya, kondisi ekonomi saat ini menuntut masyarakat lebih kreatif untuk melihat peluang, dan bertahan di tengah himpitan pandemi. Pemerintah daerah pun diminta agar lebih pro aktif untuk turun langsung ke masyarakat, dan menghelat berbagai program pelatihan hingga pendampingan bagi pelaku usaha mikro.

Tak hanya itu, keberadaan sarana penunjang seperti jalan, jembatan, jaringan irigasi, gedung sekolah juga masih sangat dibutuhkan masyarakat. (sa/adv)