Pemkab Boalemo Ajak Warga Stop Gunakan Pupuk Non Organik

Pemkab Boalemo Ajak Warga Stop Gunakan Pupuk Non Organik

20/04/2021 16:41 0 By Yadin

Sosialisasi pengolahan pupuk organik kepada masyarakat petani. (f.istimewa)

Hulondalo.id – Untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian daerah, Pemerintah Kabupaten Boalemo terus melakukan pembinaan kepada para petani.

Kali ini bekerja sama dengan PT. Dos Ni Roha, Pemkab Boalemo melakukan sosialisasi pengolahan pupuk organik kepada masyarakat petani.

“Tentunya PT. Dos Ni Roha ini memiliki misi tersendiri untuk keberlangsungan kehidupan pertanian, khususnya di Kabupaten Boalemo,” ungkap Pelaksana Tugas Bupati Boalemo, Anas Jusuf, saat memberikan sambutan disosialisasi tersebut, di BPP Pertanian, Kecamatan Wonosari, Selasa (20/4/2021).

Anas pun menyampaikan, bahwa para pakar penggiat pertanian telah merekomendasi menggunakan pupuk organik untuk peningkatan kesuburan tanah.

“Bapak dan ibu mungkin lebih tahu terkait bahan kimia pupuk non organik. Dimana pupuk bahan kimia ini, memang memiliki dosis tertentu yang dapat menyuburkan tanah. Tetapi, lama-lama dipakai bukan lagi menyuburkan tanah, bisa-bisa menjadi racun bagi tanah, sebab bahan ini sifatnya hanya sesaat,” jelasnya.

Sehingga kata Anas, penggunaan bahan kimia secara terus menerus bisa membuat masyarakat teracuni.

“Kalau selama ini kita menggunakan bahan kimia terus, lama-lama kita akan teracuni. Tetapi dengan pupuk organik ini, tanah kita akan subur kembali. Lalu bahan kimia ini, semakin lama juga harganya semakin mahal. Sementara pupuk organik tersedia di alam yang berasal dari kotoran hewan sapi,” pesan Politisi PAN Boalemo ini. (Rifal/Adv)