Pemkab Boalemo Gelar Implementasi Simren Tahunan Melalui Penginputan ASB

Pemkab Boalemo Gelar Implementasi Simren Tahunan Melalui Penginputan ASB

11/04/2019 23:04 0 By Yadin

Kegiatan implementasi Simren Tahunan melalui penginputan Analisis Standar Belanja (ABS) kegiatan fisik tahun anggaran 2020 oleh Pemkab Boalemo. (f.arman/hms)

Hulondalo.id – Bappeda Kabupaten Boalemo bekerjasama dengan BPKP perwakilan Provinsi Gorontalo mengelar kegiatan implementasi Simren Tahunan melalui penginputan Analisis Standar Belanja (ABS) kegiatan fisik tahun anggaran 2020 pada Simda Perencanaan.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf bertempat di aula BPKP Perwakilan Provinsi Gorontolo  Kamis (11/4/2019) yang turut dihadiri Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo Supriyadi, Kepala Bappeda Boalemo Rusdin Aminu dan para Kasubag perencanaan perwakilàn masing-masing OPD.

Kepala Bappeda Boalemo Rusdin Aminu dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari. “Tujuannya untuk menyusun anggaran berdasarkan kinerja yang akan dicapai dan dapat dinilai kewajarannya secara ekonomis, efisien dan efektif,” jelas Rusdin.

Sementara itu, Wabup Anas mengatakan bahwa Analisis Standar Harga atau ASB merupakan salah satu instrumen anggaran berbasis kinerja sebagaimana telah di amanatkan dalam peraturan nomor 105 tahun 2000 tentang pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah.

“Penggunaan ASB untuk menyusun anggaran berdasarkan kinerja yang akan dicapai dan dapat dinilai kewajarannya secara ekonomi, efisien dan efektif. Penginputan ASB menjadi salah satu tahapan dalam penyusunan RKA pada APBD,” kata Anas.

Ikut dijelaskan oleh Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo Supriyadi bahwa dengan aplikasi ini, proses perencanaan anggaran daerah akan lebin transparan, adil dan dapat dipertanggungjawabkan. “BPKP juga akan melakukan pengawasan tentang pengelolaan dan penggunaan ànggaran yang akan dikelola oleh pemerintah daerah Boalemo,” jelad Supriyadi.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Wakil Bupati Anas Jusuf. (hl/hms)