Pemkab Boalemo Kunjungi Sidoarjo, Studi Tiru Penyelesaian Sengketa Tanah

Pemkab Boalemo Kunjungi Sidoarjo, Studi Tiru Penyelesaian Sengketa Tanah

04/04/2019 22:10 0 By Yadin

Kunjungan Pemkab Boalemo ke Kabupaten Sidoarjo, Kamis (4/4/2019). (.foto/hms)

Hulondalo.id – Pemerintah Kabupaten Boalemo berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo, Kamis (4/4/2019). Kunjungan ini dipimpin oleh Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf dalam rangka melakukan koordinasi, konsultasi dan studi tiru tentang penyelesaian sengketa serta konflik pertanahan dan penyelesaian HGU.

Rombongan Pemkab Boalemo ini diterima oleh oleh Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin yang didampingi sejumlah pimpinan OPD. Tujuan konsultasi ini dilatarbelakangi oleh persoalan saling klaim antara warga dengan pihak PT. PG Gorontalo. Persoalan ini yang mendorong Pemkab Boalemo untuk melakukan studi tiru ke Sidoarjo. Sebab, pemerintah harus hadir untuk memediasi persoalan tersebut.

Terungkap dalam pertemuan itu, bahwa mediasi persoalan tanah memerlukan waktu yang cukup lama karena harus mempertimbangkan segala aspek. Dan yang paling diutamakan adalah pro rakyat serta memperhatikan kepentingan masyarakat banyak. Contoh kasus, Pemkab Sidoarjo pernah memediasi persoalan tanah selama 7 tahun lamanya.

Setelah berdialog seputar penyelesaian sengketa tanah, pertemuan itupun diakhiri dengan penyerahan cenderamata. Dan di sela-sela kunjungan, Wabup Anas menyempatkan waktunya untuk meninjau dan mempelajari Sidoarjo Comman Centre serta Mall Pelayanan Publik. (hl/hms)