Pemkab Gorontalo Matangkan Persiapan Festival Bonsai Kelapa

Pemkab Gorontalo Matangkan Persiapan Festival Bonsai Kelapa

15/09/2020 19:42 0 By Alex

Festival Kelapa

Suasana rapat pesiapan Festival Kepala Nasional di Kabupaten Gorontalo, salah satunya dengan Festival Bonsai Kelapa.

Hulondalo.id – Dalam rangka mengangkat potensi komoditas kepala daerah, Pemkab Gorontalo akan menggelar Festival Kelapa Nasional, dalam waktu dekat ini.

Pemkab Gorontalo pun kini mulai melakukan persiapan festival yang semula direncanakan berskala Internasional itu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo mengungkapkan, sejatinya Festival Kelapa Nasional yang direncanakan dihelat bulan ini masih akan ditunda karena masa pandemi Covid-19. Namun pihaknya telah melakukan perampingan melalui sejumlah kegiatan, salah satunya seminar.

“Seminar sebelumnya kita lakukan tatap muka, maka dilakukan secara virtual. Ini mengingat masih pademi,” tutur Rahmat, Selasa (15/9/2020).

Selain kegiatan seminar, lanjut dia, Festival Bonsai Kelapa juga akan digelar karena bonsai kelapa saat ini sudah menjadi trend di masyarakat, termasuk di Gorontalo. Untuk Festival Bonsai Kepala sendiri, Rahmat mengakui sudah ada peserta yang mendaftar.

“Kami telah identifikasi ternyata yang paling banyak tanaman bonsai kelapa itu di Gorontalo. Dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat memamerkan hasil karya bonsai kelapa. Selain, sebagai dipamerkan masyarakat juga dapat menjual kepada pengunjung,” sambung Rahmat.

Meski belum ada kepastian tanggal berapa festival tersebut digelar, namun kegiatan tersebut rencananya akan di pusatkan di Taman Budaya Kabupaten Gorontalo.

“Yang jelas kegiatan ini akan dilaksanakan secara sederhana dengan mengedepankan protokol kesehatan agar tak menimbulkan klaster baru Covid-19 di Kabupaten Gorontalo. Kami pun berharap festival kelapa Nasional menjadi wadah untuk menyalurkan seni bagi masyarakat pencinta bonsai kelapa,” tutup Rahmat.(adv/Opin)