Pemkot Gorontalo Fokus Data Kerusakan Infrastruktur Akibat Banjir

Pemkot Gorontalo Fokus Data Kerusakan Infrastruktur Akibat Banjir

15/06/2020 22:42 0 By Jeffry

Banjir di Kota Gorontalo

Pemerintah Kota Gorontalo melakukan pendataan sejumlah infrastruktur yang rusak akibat banjir bandang. (F.Humas Kota)

Hulondalo.id – Pemerintah Kota Gorontalo mulai bergerak cepat memulihkan kondisi pasca diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu.

Langkah cepat tersebut dengan melakukan pendataan bagi infrastruktur yang rusak khususnya yang berada di sepanjang bantaran sungai Bone.

“Dari hasil pantauan kami, sejumlah infrastruktur mengalami kerusakan. Seperti tanggul yang jebol, saluran yang tertimbun lumpur, serta kerugian material yang hanyut dibawa derasnya air” ujar Sekda Kota Gorontalo  Ismail Madjid, Ahad (14/6).

Dalam kunjungan tersebut, Ismail mengajak  dinas PUPR dan BPBD untuk melihat kondisi 3 kelurahan yang terdampak banjir,  yakni Kelurahan Padebuolo, Ipilo dan Bugis.

“Kami melakukan survey langsung ke lapangan, mendata serta mengukur seberapa besar kerusakan infrastruktur, hasilnya akan kita bahas bersama untuk dibuatkan laporan, baik melalui kementerian PUPR maupun BPBD” lanjutnya.

Dalam kunjungan tim tersebut, Ismail tidak hanya mendata kerusakan infrastruktur saja. Namun, banyaknya sampah yang berserakan juga menjadi sorotan untuk segera dilakukan penanganan.

“Memang sebagian sampah sudah diangkut petugas Jumat hingga Sabtu kemarin. Hanya saja, kendala yang dialami petugas ketika memasuki gang sempit yang berada di pemukiman warga,” jelasnya.

Dirinya pun berharap agar masyarakat bisa memisahkan terlebih dahulu barang yang masih bisa digunakan atapun yang tidak terpakai guna memudahkan petugas melakukan pengangkutan sampah.

“Intuk makanan dan sandang masih distribusikan, karena saat ini meskipun banjir telah reda, namun warga masih berjibaku membersihkan rumah serta perabotnya. Alhamdullilah dari berbagai kalangan juga terus menyalurkan bantuannya kepada Pemerintah Kota Gorontalo,” tandasnya.(Jeff/Adv)