Pemprov Gorontalo Pacu Pengembangan Infrastruktur Perikanan Boalemo

Pemprov Gorontalo Pacu Pengembangan Infrastruktur Perikanan Boalemo

24/06/2021 19:44 0 By Alex

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat meninjau tempat pelelangan ikan di PPI Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Kamis (24/6/2021). (F. Haris)

Hulondalo.id – Pembangunan infrastruktur perikanan di Kabupaten Boalemo terus dipacu. Tahun ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo mengalokasikan anggaran fisik yang cukup besar.

Seperti UPTD Pelabuhan Perikanan (PPI) Tilamuta, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo. Tahun ini, tidak kurang dari Rp 3,09 Miliar dialokasikan untuk UPTD PPI Tilamuta.

Anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) itu dibagi atas pekerjaan pembangunan dermaga Rp 1,25 Miliar,  jaringan dan instalasi listrik sebesar Rp 731,5 Juta, rehabilitasi tempat pemasaran ikan Rp 408,7 Juta, serta pembangunan fasilitas air bersih sebesar Rp 142,5 Juta.

Kemudian ada juga untuk UPTD Balai Perikanan Budidaya Laut dan Payau (BPBLP), DKP Provinsi Gorontalo. Anggaran yang dialokasikan pada tempat pembenihan udang vaname ini sebesar Rp 1,6 Miliar. Pekerjaannya antara lain, rehabilitasi bak pendederan, rehabilitasi tambak pembesaran calon induk, serta pembangunan saluran pasok.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim pun meninjau langsung pembangunan infrastruktur sektor perikanan yang berlokasi di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo itu, Kamis (24/6/2021).

“Pemprov Gorontalo akan membangun dermaga kapal ikan di Pelabuhan Perikanan Tilamuta sepanjang 60 meter. Insya Allah pelaksanaannya akan dimulai pada bulan Juli 2021,” kata Idris.

Ditambahkan Idris, pembangunan infrastruktur perikanan ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan produksi sektor perikanan di Provinsi Gorontalo sekaligus dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.(adv/alex)