Pemprov Gorontalo Raih Treasury Awards 2019 untuk 2 Kategori Ini

Pemprov Gorontalo Raih Treasury Awards 2019 untuk 2 Kategori Ini

07/10/2019 20:03 0 By Alex

Wakil Gubernur Idris Rahim menyerahkan penghargaan Opini WTP tahun 2018 dan Trofi WTP dari Menteri Keuangan RI kepada Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo atas keberhasilan Pemerintah Provinsi Gorontalo meraih Opini WTP 5 tahun berturut-turut di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Senin (7/10/2019). (F. Haris/Humas)

Hulondalo.id – Pemerintah Provinsi Gorontalo menyabet Treasury Awards 2019 oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Gorontalo, Senin (7/10/2019).

Pemerintah Provinsi Gorontalo meraih peringkat III pada kategori Pemerintah Daerah Pengelola Keuangan Daerah. Sedangkan untuk kategori Satuan Kerja Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Pengelola Keuangan diraih oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan itu pula, Pemerintah Provinsi Gorontalo menerima penghargaan dari Menteri Keuangan RI atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018. Penghargaan yang diserahkan Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo itu diterima Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Idris Rahim memberi apresiasi kepada pemerintah daerah yang meraih Opini WTP atas LKPD 2018. Menurutnya, keberhasilan meraih opini WTP mengindikasikan bahwa pengelolaan keuangan daerah telah dilakukan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

“Opini WTP itu bukan tujuan akhir, tetapi merupakan sasaran antara untuk menuju pemerintahan yang baik dan bersih. Kita apresiasi Pemprov Gorontalo yang meraih 7 kali opini WTP, termasuk juga Kabupaten Boalemo dan Gorontalo Utara yang baru 2 tahun berturut-turut meraih opini WTP,” ketus Wakil Gubernur Idris Rahim.

Sementara itu, Kakanwil DJPb Provinsi Gorontalo Fatma Sari Fatma mengatakan, penyerahan penghargaan opini WTP atas LKPD tahun 2018 ini tidak seperti tahun sebelumnya yang diserahkan langsung Presiden RI, melainkan dilaksanakan di masing-masing daerah.

“Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan koordinasi dan kerjasama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” kata Fahma Sari Fatma.

Dia menambahkan, hal yang membanggakan adalah bahwa LKPD 2018 dari seluruh pemerintah daerah di Provinsi Gorontalo meraih Opini WTP. Menurutnya, perolehan Opini WTP atas audit BPK menandakan bahwa LKPD pemerintah daerah telah disajikan secara wajar atas aspek material sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, terlaksananya Sistem Pengendalian Internal yang efektif, terdapat pengungkapan yang memadai, serta telah dipenuhinya seluruh ketentuan yang berlaku.(adv/alex)