Pemprov Libatkan TNI, Bangun Mahyani, Jembatan dan Infrastruktur

Pemprov Libatkan TNI, Bangun Mahyani, Jembatan dan Infrastruktur

11/01/2019 22:57 0 By HulondaloID

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang meresmikan Jembatan Merah Putih di Desa Buhu, Jumat (11/1/19). Foto : Humasprov

Hulondalo.id – Pekerjaan infrastruktur yang dibiayai APBD Provinsi Gorontalo, melibatkan secara langsung para prajurit TNI. Pelibatan prajurit TNI ini, atas kerjasama yang dibangun Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Komando Resort Militer (Korem) 133/Nani Wartabone.

Kerjasama tersebut antara lain, pembangunan jembatan senilai Rp. 3,1 Miliar, pembangunan jalan usaha tani senilai Rp. 2,5 Miliar. Dibidang lingkungan hidup dan kehutanan, juga dilakukan berupa, hutan manunggal. Dibidang Perumahan dan Kawasan Permukiman berupa pembangunan Rumah Layak Huni (Mahyani) juga melibatkan TNI dengan nilai anggaran Rp. 5,6 Miliar.

Gubernur menjelaskan, kerjasama ini wujud nyata kemanunggalan TNI bersama rakyat. Tidak hanya itu, pelibatan TNI dalam pekerjaan infrastruktur ini, terbukti lebih efektif dibandingkan dengan pihak ketiga.

Dihadapan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang dalam acara yang digelar di Aula Kusno Danupoyo, Markas Korem 133/Nani Wartabone, Gubernur memberi contoh, pada pekerjaan jembatan Merah Putih NKRI tahun anggaran 2018. Anggaran yang disediakan sebesar Rp. 1,5 Miliar dengan panjang 32 meter. “Setelah dikerjakan oleh TNI, panjangnya menjadi 52 meter, dengan jumlah anggaran yang sama, dan kualitas yang lebih baik,” kata Gubernur.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang mengatakan, pelibatan dalam pembangunan infrastruktur ini, wujud jati diri bahwa prajurit TNI adalah tentara rakyat. Prajurit berjuang demi kepentingan rakyat, dan ikut serta mendorong pelaksanaan pembangunan.

Selama ini, evaluasi Karya Bakti TNI, menunjukkan tekad dan semangat kebersamaan serta keterpaduan TNI dengan rakyat, sangat baik. “Semoga, ini bisa mampu mewujudkan percepatan pembangunan, utamanya dipedesaan dan terpencil yang sulit dijangkau,” ungkap Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang.

Dalam pertemuan yang dirangkaikan dengan dialog bersama Presiden BEM se Gorontalo ini, juga dilakukan penanda tanganan kerjasama. Pangdam dan Gubernur juga menyempatkan diri untuk meninjau pemanfaatan jembatan Merah Putih NKRI di Desa Buhu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Pembangunan jembatan di Desa Mekar Jaya Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo, juga telah dimulai yang ditandai dengan peletakan batu pertama.(hl/man)