Pemprov Sediakan TPU Bagi Warga Gorontalo di Sulut, Ini Alasannya

09/02/2019 00:17 0 By Alex
lahan TPU Gubernur Rusli Habibie

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau rencana lokasi pembangunan TPU di Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Jumat (8/2/2019).

Hulondalo.id – Pemerintah Provinsi Gorontalo akan bersedia membebaskan lahan di beberapa daerah khusus untuk menyediakan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di beberapa daerah.

“Kalau pemda lain mau bangun tempat pemakaman, kita sediakan. Pemda Gorut, Boalemo, Pohuwato, Kabupaten Gorontalo, semuanya. Saya sudah sampaikan ke Dinas Keuangan untuk carikan anggaran untuk itu,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau rencana lokasi TPU untuk masyarakat Bone Bolango di Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Jumat (8/2/2019).

Bagi Gubernur Rusli Habibie, tempat pemakaman merupakan masalah yang sangat penting. Salah satu alasannya adalah, dia tidak ingin kejadian pembongkaran makam terulang lagi. Bahkan lebih dari itu, Pemerintah Provinsi Gorontalo sudah menyediakan lokasi TPU bagi masyarakat Gorontalo yang ada di wilayah Sulawesi Utara (Sulut).

“Jadi kita sudah dapat lahan 1 Hektar di Manado. Itu untuk lahan pekuburan masyarakat Gorontalo yang ada di sana. Sudah kita pagari. Itu sudah kita serahkan Yayasan atau KKIG di Manado 4 tahun lalu,” terang Gubernur Rusli Habibie.

Penyediaan TPU di Manado rupanya bukan tanpa alasan. Gubernur Rusli Habibie mengakui jika pada kunjungan beberapa tahun sebelumnya, masyarakat Gorontalo yang ada di Sulut mengeluhkan tidak ada tempat pemakaman. Mereka, kata Rusli, tidak punya dana lebih untuk menyediakan TPU di sana.

“Akhirnya, mereka harus membawa jenazah untuk dimakamkan ke Gorontalo. Itu biaya lagi,” kata gubernur 2 periode itu.

Tak hanya menyediakan TPU, Pemerintah Provinsi Gorontalo pun  memberikan mobil Ambulans. Alasannya, agar warga Gorontalo yang berada di sekitar Manado, seperti Tomohon, Tondano hingga Bitung, bisa memanfaatkannya untuk akomodasi ke pemakaman di TPU Manado.

Selain itu, Ambulans gratis tersebut juga bisa digunakan pihak keluarga untuk membawa jenazah yang ingin dimakamkan di Gorontalo.

“Kami juga sudah sediakan tempat pemakaman dan Ambulans di Kota Kotamobagu. Jadi, asalkan dia warga Gorontalo bisa dimakamkan di lokasi itu. Kalau ada yang sakit juga, bisa digunakan. Makanya, betul-betul dari lahir, sakit sampai mati, masyarakat Gorontalo sudah ditanggung,” katanya.(usman)

loading...