Pemprov Terbitkan Sertifikat Elektronik P12 untuk Jamin Keamanan Informasi

Pemprov Terbitkan Sertifikat Elektronik P12 untuk Jamin Keamanan Informasi

08/08/2019 13:14 0 By Alex

Rapat Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo membahas sertifikat elektronik file P12, Rabu (7/8/2019)

Hulondalo.id – Pemerintah Provinsi Gorontalo menerbitkan sertifikat elektronik untuk menjamin keamanan informasi pemerintah.

Penerbitan sertifikat tersebut sudah dilaksanakan secara daring (online) dengan Balai Sertifikat Elektronik (BSrE) serta Badan Siber dan sandi Negara (BSSN).

Sertifikasi elektronik berupa file P12 ini terungkap pada rapat di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo, Rabu (7/8/2019).

“Sebelumnya telah ada perjanjian kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik untuk pengamanan informasi pemerintah daerah, antara Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara dengan pemerintah Provinsi Gorontalo,” kata Plt Kepala Diskominfotik Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro.

Dari hasil perjanjian kerjasama ini kemudian diluncurkannya aplikasi penandatanganan elektronik “Pali lo Uluu” sebagai sarana untuk menandatangani dokumen elektronik.

“Untuk itu diperlukan penerbitan sertifikat elektronik (File P12) kepada masing-masing Pejabat Tinggi Pratama, pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo,” kata Jamal.

Setelah penerbitan sertifikat elektronik ini, dia berharap segera memacu penerbitan sertifikat elektronik masing-masing Pejabat Tinggi Pratama, pejabat administrator dan pejabat pengawas, dan segera menggunakan aplikasi “Pali lo Uluu” pada penandatanganan dokumen secara elektronik.

Dengan penerapan aplikasi “Pali lo Uluu” ini, diharapkan akan mempercepat pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien.(usman)