Pemprov-TNI Kerjasama Bangun Jembatan Mekar Jaya, Target April Selesai

Pemprov-TNI Kerjasama Bangun Jembatan Mekar Jaya, Target April Selesai

11/01/2019 17:34 0 By Alex

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meletakkan batu pertama pembangunan jembatan mekar jaya yang menghubungkan Kecamatan Tilamuta dan Wonosari, Kabupaten Boalemo. Pembangunan jembatan ini, Pemprov Gorontalo bekerjasama dengan TNI.

Hulondalo.id – Bisa dikatakan, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjadi orang yang paling bahagia ketika pembangunan Jembatan Mekar Jaya di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, kembali mendapat dukungan penuh dari TNI.

Pasalnya, pembangunan jembatan yang sempat ambruk dihantam banjir itu memakan biaya yang tidak sedikit. Tapi, berkat kerjasama dengan TNI, Pemprov Gorontalo bisa lebih berhemat, namun hasil yang maksimal.

“Saya hitung-hitung awalnya anggarannya cukup besar. Pak Kadis PU menyarankan untuk bekerjasama dengan TNI karena pengalaman di beberapa tempat, ternyata itu murah meriah, anggarannya tidak mahal, kerjaannya cepat dan tidak perlu lelang,” ungkap Rusli usai peletakan batu pertama pembangunan jembatan Mekar Jaya bersama Panglima Kodam XIII Merdeka, Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang, Jumat (11/1/2019).

Gubernur Rusli Habibie mengaku optimis jika pembangunan jembatan tersebut akan selesai sesuai dengan target penyelesaiannya bulan April 2019 mendatang. Gubernur Rusli Habibie juga berharap agar jembatan tersebut cepat selesai sesuai dengan target, masyarakat setempat juga diharapkan ikut berpartisipasi membantu TNI.

“Program Bhakti Karya TNI diharapkan dapat menggerakkan warga sekitar dalam pembangunan,” kata Rusli.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyerahkan secara simbolis 88 pemanfaatan Mahyani yang dibangun pada 2018, lagi-lagi hasil kerjasama dengan TNI.

Pada kesempatan pula, Gubernur Rusli Habibie menyerahkan secara simbolis pemanfaatan 88 unit Rumah Layak Huni (Mahyani) yang merupakan bantuan Pemprov Gorontalo senilai Rp 2,7 Miliar yang dibangun dari hasil kerjasama dengan TNI tahun 2018 lalu.

Terpisah, Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemprov Gorontalo yang sudah memberikan kepercayaan kepada TNI. Dikatakan Pangdam, bahwa selain mempertahankan kedaulatan NKRI, TNI juga memiliki tugas untuk membantu pemerintah dalam rangka menjalankan pembangunan.

Sebelummnya, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Wonosari dan Tilamuta itu ambruk diterjang banjir pada pertengahan 2018 silam. Dan dalam rangka pembangunan kembali jembatan tersebut, Pemprov Gorontalo bekerjasama dengan TNI melalui Komandan Korem 133/Nani Wartabone, Kolonel Czi Arnold Ritiauw.(hl/usman)