Pemutakhiran Data Pemilih KPU Kota Gorontalo Terbaik 2 Nasional

Pemutakhiran Data Pemilih KPU Kota Gorontalo Terbaik 2 Nasional

03/12/2020 10:53 0 By Maman

Walikota Marten Rakor KPU

Walikota Gorontalo, Marten Taha saat mengikuti Rakor bersama KPU Kota Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pemutakhiran Data Pemilih yang dilakukan KPU Kota Gorontalo, meraih peringkat 2 ditingkat nasional. Walikota Gorontalo, Marten Taha, secara khusus memberikan apresiasi atas capaian dari lembaga penyelenggara pemilu ini.

“Peringkat 2 nasional dalam pemutakhiran data pemilih ini, merupakan kerja sama dan koordinasi yang baik antara KPU Kota Gorontalo dengan Dinas Dukcapil Kota Gorontalo,” kata Walikota saat menerima kunjungan KPU Kota Gorontalo, dalam rangka koordinasi pendataan penduduk yang belum memiliki e-KTP dan pengurusan akta kematian, baru-baru ini.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Gorontalo, Sukrin Taib juga menyampaikan terimakasih kepada Pemkot Gorontalo, yang selalu mensupport, hingga KPU Kota Gorontalo meraih peringkat 2 nasional dalam pemutakhiran data pemilih di Kota Gorontalo.

Sukrin juga mengungkap sejumah temuan dalam Verifikasi Faktual (Verfal) yang berkaitan dengan dokumen kependudukan masyarakat. Antara lain kata dia, masih banyak warga yang belum mrmiliki e-KTP.

“Khususnya, bagi warga yang sudah wajib memiliki e-KTP di umur 17 tahun. Begitu juga, warga yang keluarganya sudah meninggal dunia, belum di laporkan ke KPU ataupun Dukcapil Kota Gorontalo,” ungkap Sukrin.

“Kami kemudian melakukan terobosan baru dan berinisiatif untuk antar jemput kepada warga yang akan melakukan pengurusan e-KTP dan akta kematian,” tambahnya dalam pertemuan itu.

Untuk menyukseskan pemutakhiran data pemilih ini, KPU Kota Gorontalo juga berkoordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait. Hadir juga dalam itu Sekda Kota Gorontalo, Ketua dan Anggota KPU Kota Gorontalo serta Sekretaris KPU Kota Gorontalo. (MG02)