Penanaman TOGA oleh Mahasiswa KKM UBM Gorontalo di Desa Bakida

Penanaman TOGA oleh Mahasiswa KKM UBM Gorontalo di Desa Bakida

01/08/2021 13:54 0 By Maman

Penanaman Toga KKM Mahasiswa

Mahasiswa KKM Desa Bakida melaksanakan kegiatan penanaman TOGA serta pembuatan tempat TOGA bersama warga sekitar.

Hulondalo.id – Tanaman Obat Keluarga (TOGA) atau dikenal dengan apotik hidup merupakan tanaman yang ditanam pada area di sekeliling rumah, halaman rumah, ditempatkan dalam pot atau ditanam pada kebun yang luasnya berukuran kecil.

Adanya apotik hidup yang tak jauh dari tempat tinggal, tentu saja akan sangat bermanfaat, baik nantinya digunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit akut, hingga kronis sekalipun, dan bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan.

Mengingat pentingnya TOGA tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Mandiri (KKM) Desa Bakida melaksanakan kegiatan penanaman TOGA serta pembuatan tempat TOGA bersama warga sekitar.

“Ini adalah salah satu program mahasiswa yang bertujuan agar dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pemanfaatan tanaman-tanaman obat beserta aplikasinya, supaya masyarakat dapat secara mandiri melakukan pengobatan tradisional sederhana dari TOGA tersebut,” ujar salah satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Arief Hidayat Arbie S.Farm usai melaksanakan monitoring & evaluasi program kerja KKM.

Melalui program ini diharapkan pengetahuan masyarakat Desa Bakida meningkat mengenai TOGA dan bisa memanfaatkannya dengan baik agar bisa mengobati penyakit secara mandiri di rumah masing-masing. (ais/rls)