Penanggulangan Banjir di Gorontalo Utara Prioritas Wilayah Terparah

Penanggulangan Banjir di Gorontalo Utara Prioritas Wilayah Terparah

26/11/2021 14:31 0 By Syakir

Rapat pembahasan penanganan banjir di Kabupaten Gorontalo Utara, diruang Tinepo Kantor Bupati, Kamis (25/11/2021).

Hulondalo.id – Pemda Gorontalo Utara bersama unsur Forkopimda membahas solusi penanganan banjir, penanggulangannya kata Wabup, Thariq Modanggu, lebih memprioritaskan kepada yang sudah mendesak seperti di Kecamatan Anggrek.

“Berkaitan dengan normalisasi sungai di muara, yang menjadi penyebab banjir ini, sengaja kami menghadirkan dari Dinas kehutanan juga Balai Sungai agar kita mendapatkan solusi,” kata Wabup, usai memimpikan rapat pembahasan tentang permasalahan dan solusi jitu penanganan banjir di Kabupaten Gorontalo Utara, diruang Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Kamis (25/11/2021)

Beberapa poin kata Wabup, dihasilkan dari rapat tersebut, diantaranya Dinas Lingkungan Hidup dalam rangka percepatan penanganan, akan menyurat ke Gubernur Gorontalo untuk meminta ijin pinjam pakai kawasan hutan.

“Pinjam pakai kawasan itu, karena dia di bawah 5 hektar itu kewenangan Gubernur, kalau sudah di atas kewenangan kementerian, dan hanya untuk dua titik di Anggrek itu hanya itu di bawah 5 hektar sehingga pengurusan Izin nya masih kepada Gubernur,” ujar Wabup

Wabup juga meminta, DLH agar mengawal surat tersebut, untuk mengejar waktu, agar bisa diselesaikan realisasi anggaran untuk normalisasi sungai di akhir tahun 2021 ini, karena waktu sangat terbatas.

“Kami minta ada petugas khusus yang mengawal itu, agar bisa terjadi percepatan pemulihan,” kata Wabup

Terakhir, Wabup juga berharap, agar BPBD mereview dokumen banjir seluruh Kabupaten Gorontalo Utara, agar menjadi rujukan.

“Karena dokumen yang ada ini sudah tidak kondusif lagi dalam rangka penanggulangan banjir di Gorontalo Utara,” tandas Wabup. (Prin)