Penanggulangan Bencana di Tomilito, Ini Perintah Indra Yasin

Penanggulangan Bencana di Tomilito, Ini Perintah Indra Yasin

15/02/2021 19:29 0 By Maman

Bantuan untuk Korban Banjir Tomilito

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin menyerahkan bantuan untuk warga korban banjir di 3 desa di Kecamatan Tomilito. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Dua OPD masing-masing, Dinas PUPR dan BPBD Gorontalo Utara diperintahkan Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, untuk melakukan langkah-langkah konkret dalam upaya penanggulangan bencana banjir di tiga desa di Kecamatan Tomilito.

Untuk Dinas PUPR Gorontalo Utara, Bupati meminta agar, OPD ini segera turun dan melihat kerusakan akibat banjir tersebut serta, mencari apa penyebabnya.

Sebab kata Bupati, sebelumnya tanggul di Desa Bubode dan sekitarnya sudah pernah dibangun. Dampaknya, banjir bisa dihindari. Namun kata Bupati, tahun ini banjir justru terjadi dan cukup besar. Sehingganya, dia meminta OPD ini mencari apa penyebab banjir.

“Informasi dari masyarakat, ada tanggul yang mulai bocor, sehingga air boleh masuk, kedua sungai di muara mulai dangkal,” ungkap Bupati, saat meninjau dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat Desa Milango, Bubode dan Leyao di Desa Milango Kecamatan Tomilito, Senin (15/2/2021).

Sungai kata Bupati, dikeruk agar air bisa langsung meluncur. Sebab, jika dimuara terlalu tinggi, maka air akan tersumbat dan balik lagi.

Informasi lain juga lanjut Bupati, sungai di Desa Leyao berkelok-kelok juga menyempit. Sehingganya kata dia, itu akan dilihat langsung sekaligus dicarikan solusi, apakah sungai akan diperlebar atau diluruskan.

“Kemungkinan sungai akan diluruskan, sehingga ketika air mengalir tidak ada hambatan,” imbuhnya.

Kepada BPBD, Bupati meminta agar secepatnya mengajukan permohonan ke BPBN, untuk mendapatkan bantuan seperti sebelumnya.

“Segera susun proposalnya, untuk penanggulangan bencana khusus di tiga lokasi yang ada di Tomilito, mudah-mudahan kita akan segera dapat bantuan lagi,” tandasnya. (Prin/Adv)