Penanggulangan HIV AIDS, Dikes Provinsi Gorontalo Lakukan Ini..

Penanggulangan HIV AIDS, Dikes Provinsi Gorontalo Lakukan Ini..

12/02/2019 20:37 0 By Syakir

Petugas Kesehatan dari Kabupaten Gorontalo Utara menerima materi dari petugas Dikes Provinsi Gorontalo, selasa (12/2)/2019 di grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Hulondalo.id – Data tahun 2018, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo secara akumulasi mencatat ada 459 kasus HIV AIDS, yang terbagi atas kasus HIV sebanyak 213 kasus, dan AIDS sebanyak 246 kasus.

Melihat kasus ini, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo berupaya mengatasi masalah penularan HIV AIDS, melalui kegiatan pemberian orientasi petugas dalam tata laksana HIV AIDS dan PIMS, yang berlangsung di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Selasa (12/2/2019).

Sedikitnya 24 petugas yang terdiri dari tim VCT Rumah Sakit, Pengelola Program HIV Aids dan PIMS Puskesmas, dan Pengelola Program Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan Petugas Logistik, Farmasi, dan administrator yang berasal dari Kabupaten Gorontalo Utara, mengikuti orientasi Petugas dalam tata laksana HIV AIDS dan PIMS yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Selain itu, tujuan kegiatan tersebut, yakni terlaksananya program pencegahan dan pengendalian HIV AIDS di Provinsi Gorontalo, yang komprehensif dan berkesinambungan, serta bisa menjadikan tenaga terlatih yang dapat menjalankan program HIV AIDS dan PIMS. Demikian yang disampaikan oleh Reyke Uloli M.Kes, saat membuka kegiatan itu.

Reyke berharap, Orientasi petugas ini kiranya dapat dimanfaatkan, terutama dalam upaya menjalin hubungan kerja sama dan koordinasi antar petugas klinik, sehingga terjadi sinkronisasi, harmonisasi, dan kolaborasi yang baik.

Hasilnya, upaya penanggulangan HIV AIDS di Provinsi Gorontalo dapat berjalan dengan optimal”, ungkap Rieke Uloli selaku Kepala Bidang P2 Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. (rto)