Pencanangan HKN Ke 56, Dikes Provinsi Gorontalo Gelar Swab Gratis

Pencanangan HKN Ke 56, Dikes Provinsi Gorontalo Gelar Swab Gratis

04/11/2020 19:11 0 By Maman

HKN Tahun 2020

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si, melakukan pemotongan tumpeng buah pada Pencanangan Hari Kesehatan Nasional ke 56, di Halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. (foto:hmsdikesgorontaloprov)

Hulondalo.id – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 tahun 2020, sejumlah kegiatan akan digelar Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Diantaranya, pelaksanaan swab gratis dan sosialisasi Ingat Pesan Ibu 3M.

“Tahun ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pelayanan kesehatan terpadu, pelaksanaan swab gratis, sosialisasi Ingat Pesan Ibu 3M,” kata Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole, Rabu (4/11/2020).

Misranda juga mengatakan, peringatan HKN tahun ini diawali dengan pencanangan berupa senam sehat yang digelar di halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

“Insya Allah upaya kita selama ini akan meningkatkan derajat kesehatan menghadapi pandemi Covid-19 di Provinsi Gorontalo”, ungkapnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pencanangan HKN tahun 2020 ini digelar secara sederhana. Meski begitu kata Misranda, HKN tahun 2020 yang mengambil tema, Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat ini, memberikan penghargaan dan apresiasi kepada jajaran kesehatan di Provinsi Gorontalo.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/kota, Direktur Rumah Sakit Kabupaten/Kota dan jajarannya kepala Puskesmas dan seluruh lintas sektor yang telah bersama-sama mencegah dan menangani Covid-19 di Provinsi Gorontalo,” ujar Misranda.

Semoga kata dia, semangat yang ditunjukkan dan tak kenal lelah ini, bisa mengendalikan penularan Covid-19.

“Dan semoga segala upaya dan usaha yang kita lakukan selama ini dengan niat yang tulus bernilai ibadah dimata Allah SWT”, ungkap Misranda.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Andriyanto Abdussamad, SKM., M. Kes., menjelaskan, tujuan HKN merupakan momentum untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat, dan memperjuangkan ketahanan Kesehatan Indonesia.

HKN ini juga kata dia, pengingat kepada publik harus selalu bersama menjaga diri, keluarga dan masyarakat agar terhindar dari Covid-19.

“Pemerintah pusat dan daerah, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, praktisi dan media massa turut ambil bagian dalam peringatan HKN dan agar masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat serta mau melakukan gerakan hidup sehat,” kata Andriyanto.

Selain senam, dalam pencanangan ini juga diwarnai dengan pemotongan tumpeng buah dan penyerahan alat dan bahan kampanye 3M Ingat Pesan Ibu berupa Masker dan Handsanitizer dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, kepada Ketua Panitia Pelaksana Andriyanto Abdussamad, SKM., M. Kes., yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, yang juga Ketua Tim Infokom Nancy Pembengo, S.Si., sebagai tanda dimulainya kampanye 3M. (man/adv)