Pendataan Adminduk, Bupati: Waspadai KTP Ganda, Numpang Nama di Kartu Keluarga

Pendataan Adminduk, Bupati: Waspadai KTP Ganda, Numpang Nama di Kartu Keluarga

03/12/2019 22:42 0 By Maman

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin menyampaikan sambutan sebelum membuka Sosialisasi dan Koordinasi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Hulondalo.id- Pendataan kependudukan baik itu KTP dan Kartu Keluarga di Gorontalo Utara tahun 2020, akan dimulai dari pimpinan masing-masing OPD. Berlanjut hingga ditingkat Kepala Dusun di 123 desa.

Saat membuka Sosialisasi dan Koordinasi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) 2019 Selasa (3/12/2019), Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengatakan, administrasi kependudukan sangat penting, karena erat kaitannya dengan pengambilan kebijakan, baik itu administrasi kependudukan KTP maupun Kartu Keluarga.

“KTP berpengaruh pada penyerahan bantuan kepada masyarakat, kalau tidak punya KTP tentu saya tunda dulu, jangan sampai bantuan tidak tepat sasaran,” kata Bupati.

Tak sampai pada kepemilikan KTP, Bupati juga mengatakan, penting juga untuk mengetahui, apa pekerjaan dari calon penerima bantuan tersebut.

“Apakah dia memang petani, nelayan atau kedua-duanya, agar penyerahan bantuan tidak akan menyimpang, dan pemerintah punya pegangan untuk menyerahkan bantuan tersebut,” tambah Bupati.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan di Tik-Tok Cafe Desa Titidu Kwandang, Bupati juga menyampaikan, pentingnya kepemilikan kartu keluarga. Terkadang kata dia, ada yang datang dan menumpang pada kartu keluarga, hanya karena ada kepentingan tertentu, seperti penerimaan CPNS.

“Kepentingan misalnya penerimaan CPNS, kemudian menumpang di kartu keluarga, termasuk juga KTP ini yang saya harus waspadai kedepan, jangan sampai ada penduduk yang dobel, dan kita tidak inginkan itu,” ujarnya.

Karenanya, untuk pendataan tahun 2020 kata Bupati, akan dimulai dari OPD. Sebab kata Bupati, OPD menjadi contoh bagi masyarakat terhadap administrasi kependudukan ini.

“Jangan kita hanya menganjurkan terus, tapi ternyata lalai dalam hal itu, setelah OPD, lanjut ke seluruh Camat, Kades, Kadus, segera didata angota keluarganya, jangan sampai mereka yang menyuruh tapi tidak ada,” kata Bupati.

Seihngganya, dalam pertemuan tersebut kata Bupati, pendataan ini harus mulai dari semua aparat yang ada di Pemkab Gorontalo Utara. (Saprin/Adv)