Penderita HIV/AIDS Bertambah, Idah Syahidah Fokus Pada Ketersediaan Obat

Penderita HIV/AIDS Bertambah, Idah Syahidah Fokus Pada Ketersediaan Obat

23/10/2020 00:00 0 By Syakir

Idah Syahidah

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar, Idah Syahidah.

Hulondalo.id – Jumlah penderita HIV/Aids di Provinsi Gorontalo masih mengalami peningkatan. Diungkapkan Ketua Asistensi Komisi Penanggulangan Aids Provinsi (KPAP) Gorontalo, Idah Syahidah.

Terkait itu, Idah yang juga anggota DPR RI itu, menggelar rakor dengan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) se Provinsi Gorontalo, Selasa (20/10/2020), sebagai bagian dari Reses persidangan I tahun sidang 2020-2021.

Dalam rakor itu terungkap, jumlah ODHA Gorontalo mengalami penambahan 62 orang. Saat ini kata Idah, total ada 602 ODHA se Gorontalo yang sudah terdata.

“Tahun ini dari data yang ada, terdapat beberapa ODHA baru, dengan usia yang beragam dan berbagai latar belakang pekerjaan,” ujar Istri Gubernur Gorontalo itu.

Idah pun memfokuskan upaya penanganan pada pendataan ODHA di Gorontalo, hingga ketersediaan obat obatan. Bahkan rencananya, Idah akan melakukan monitoring terhadap ketersediaan obat obatan hinga fasilitas kesehatan bagi par ODHA.

Upaya upaya seperti ini menjadi perhatian pihaknya dan KPAP, karena para ODHA ini benar benar benar membutuhkan pendampingan secara fisik maupun mental, sebagai akibat dari penyakit yang mereka derita.

Dalam rakor yang dihadiri Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo itu, juga fokus membahas upaya KPAP menanggulangi hingga menekan lajut pertumbuhan jumlah penderita HIV/AIDS di Provinsi Gorontalo. (adv)