Penegakan Protokol Kesehatan se Gorontalo Dimulai Hari Ini, Pelanggar Siap-siap Sanksi

Penegakan Protokol Kesehatan se Gorontalo Dimulai Hari Ini, Pelanggar Siap-siap Sanksi

14/09/2020 14:23 0 By Alex

Polda Gorontalo

Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono.

Hulondalo.id – Penegakan protokol kesehatan melalui operasi Yustisi di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo digelar mulai hari ini, Senin (14/9/2020).

Operasi Yustisi itu melibatkan TNI, Polri hingga Satpol PP sebagai bentuk implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Gubernur (Pergub) Gorontalo Nomor 41 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Iya, mulai hari ini seluruh wilayah akan melaksanakan operasi Yustisi dalam rangka penegakkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” kata Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus melalui Kabid Humas Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono.

Dikatakan Wahyu, dalam operasi tersebut pihaknya akan memberikan tindakan tegas bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan. Di antaranya sanksi berupa denda secara perorangan maupun badan hukum, lembaga hingga tempat usaha, sebagaimana diatur dalam Pergub Nomor 41 Tahun 2020.

“Penyebaran Covid-19 terus meningkat di Gorontalo, sudah tembus 2.000 lebih. Imbauan dan sosialisasi sudah dilaksanakan, sudah saatnya tindakan lebih tegas lagi, terutama mereka tidak membawa masker dan tidak menjaga jarak,” sambung Wahyu.

Penegakan protokol kesehatan tersebut, lanjut Wahyu, adalah sebagai bentuk upaya menyelamatkan masyarakat Gorontalo agar tidak tertular Covid-19 lebih banyak lagi.

“Apa yang kita lakukan bukan merupakan paksaan, tetapi memang sudah menjadi kewajiban untuk menerapkan protokol kesehatan. Maka sekarang saatnya penindakan lebih tegas lagi, mulai teguran lisan, sanksi administrasi, sanksi kerja sosial dan sanksi lainnya, sebagaimana yang disebutkan dalam ketentuan,” tandas Wahyu.(Alex)