Penerapan Prokes di Gorontalo, Hotel dan Mall Ketat, Rumah Makan Kendor

Penerapan Prokes di Gorontalo, Hotel dan Mall Ketat, Rumah Makan Kendor

22/06/2021 19:01 0 By Syakir

Tim evaluasi protokol kesehatan saat berada di salah satu rumah makan di Kota Gorontalo. (f.dinas kesehatan)

Hulondalo.id – Evaluasi penerapan protokol di Provinsi Gorontalo kembali dilakukan Kementrian Kesehatan. Hasilnya, mall dan hotel dianggap sudah baik, namun untuk rumah makan masih dianggap kendor.

Evaluasi penerapan protokol kesehatan kali ini, Kementrian Kesehatan bekerja sama dengan Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI).

dr. Husain Panigoro Angota Muda Perdoki megatakan, sejauh ini hasil pantauan pihaknya, penerapan protokol kesehatan di tempat tempat sejauh ini sudah baik, bahkan ada yang sangat baik seperti di mall dan perhotelan.

“Adapun sasaran yang dievaluasi dititikberatkan di terminal atau bandara, restoran, tempat ibadah, hotel dan yang terakhir supermarket atau mall,” papar Husain.

Kendati begitu, Husain juga mengakui ada beberapa tempat yang masih dianggap kendor dalam penerapan protokol kesehatan, salah satunya rumah makan. Walaupun diakui pihak pengelola sudah menunjukkan komitmennya, dengan menyediakan tempat cuci tangan di pintu masuk.

“Tinggal butuh banyak edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum untuk menerapkan secara benar-benar protokol kesehatan jika mereka datang ke restoran”, imbuhnya.

Bagi dr. Husain, pentingnya penerapan protokol kesehatan di fasilitas umum terutamanya, adalah untuk mencegah munculnya klaster baru.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH. menyambut baik kegiatan evaluasi itu, dan berharap hasilnya bisa menjadi masukan bagi penyelenggara pemerintahan.

“Karena sasarannya adalah fasilitas umum kami harapkan evaluasi ini sebagai masukan kepada pemerintah daerah maupun stakeholder terkait untuk meningkatkan disiplin protokol sebagai kebiasaan baru dalam mitigasi Covid-19”, ujarnya.

Bagi Yana, evaluasi ini juga penting untuk terus mengingatkan semua orang, bahwa kepatuhan protokol kesehatan merupakan upaya pencegahan paling tepat untuk memutus penularan covid-19. (*)