Penerapan Protokol Kesehatan, Dandim 1314: Kami Tegas, Karena Sayang Masyarakat

Penerapan Protokol Kesehatan, Dandim 1314: Kami Tegas, Karena Sayang Masyarakat

08/09/2020 09:21 0 By Maman

Dandim 1314/Gorontalo Utara, Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias saat memberikan sanksi kepada masyarakat yang tak mematuhi protokol kesehatan didampingi anggota Kepolisian, Satpol-PP, Dinas Perhubungan dan Petugas Dinas Kesehatan Gorontalo Utara. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Push up diantara sanksi yang diterapkan Satgas Covid-19 Gorontalo Utara, kepada masyarakat di Pasar Senin dan Kamis, Kwandang Gorontalo Utara, yang kedapatan tak memakai masker, sesuai dengan protokol kesehatan.

Dandim 1314/Gorontalo Utara, Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias mengatakan, kegiatan ini terintegrasi dan terpadu, dalam pelaksanaan Inpres RI Nomor 6 Tahun 2020 dan Pergub Nomor 41 Tahun 2020.

“Kini saatnya untuk penegakan, peningkatan penegakan disiplin,” ungkap Dandim didampingi anggota Kepolisian, Satpol-PP Gorontalo Utara, Dishub dan Petugas Dikes Gorontalo Utara, Senin (7/9/2020).

Dandim mengatakan, meski sosialisasi sudah dilaksanakan sebelumnya, namun tingkat pelanggaran disiplin masyarakat ternyata masih sangat tinggi. Dandim menegaskan, kedepan sangat diperlukan kesadaran masyarakat.

“Sosialisasi sudah, masker sudah puluhan juta mungkin yang dibagikan, tapi masyarakat tidak sadar oleh karena itu langkah kita sangat tegas di lapangan,” ujar Dandim.

Dandim 1314/Gorontalo Utara, Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias memberikan penghargaan berupa bantuan sembako kepada masyarakat yang patuh protokol kesehatan. (foto:istimewa)

“Tegas bukan berarti kita otoriter, bukan berarti kita tidak humanis, bukan berarti kita tidak sayang kepada masyarakat, kita tegas ini karena kita sayang masyarakat,” tambah Dandim.

Dandim juga mengatakan, efek jera dari sanksi yang diberikan kepada pengunjung pasar dan pengendara semoga bisa menjadi contoh. Karenanya kata dia, pemberian sanksi seperti push up membersihkan jalan, menghormat bendera merah putih sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya, untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Indonesia.

“Percuma pemerintah teriak-teriak, percuma kami teriak-teriak kalau masyarakat tidak sadar,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dandim juga memberikan apresiasi hadiah kepada masyarakat yang patuh terhadap protokol kesehatan, berupa sembako dan lain-lain. (Prin)