Penerimaan Pajak Naik 5%, KPP Pratama Gorontalo Target Raup Rp 749 Miliar Tahun Ini

Penerimaan Pajak Naik 5%, KPP Pratama Gorontalo Target Raup Rp 749 Miliar Tahun Ini

01/03/2021 13:28 0 By Alex

KPP Pratama Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menyerahkan laporan SPT Pajak Penghasilan pribadi tahun 2020 kepada Kepala KPP Pratama Gorontalo, Senin (1/3/2021). (F. Salman)

Hulondalo.id – Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gorontalo, Suyono menyebut penerimaan pajak di Gorontalo selama masa pandemi Covid-19 cukup baik.

Hingga Februari 2021, realisasi penerimaan pajak tumbuh sebesar 5% dibandingkan tahun 2020 lalu. Pihaknya pun optimis target penerimaan pajak di Gorontalo sebesar Rp 749 Miliar tahun ini bisa tercapai.

“Kalau di Gorontalo, laporan pajak kita termasuk bagus di masa pandemi ini. Secara statistik yang melapor SPT sudah hampir mendekati 30 Ribu wajib pajak,” kata Suyono usai mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melaporkan pajak pribadi, Senin (1/3/2021).

Menurut Suyono, tingginya penerimaan pajak ini tidak lain berkat terobosan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang memudahkan wajib pajak dalam pelaporan melalui e-Filling dan pembayaran lewat e-Billing sehingga penerimaan pajak akan semakin meningkat.

“Tapi ini waktunya ‘kan masih panjang, nanti (batasnya) sampai tanggal 31 Maret 2021. Mudah-mudahan nanti tercapai semua,” kata Suyono.

Sebelumnya, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun mengajak seluruh masyarakat Gorontalo untuk membayar pajak tepat waktu dengan cara mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan pribadi tahun 2020.

“Saya tadi telah melaporkan SPT tahunan lewat e-filing. Jadi mari teman-teman pejabat dan semua masyarakat Gorontalo yang sudah memiliki NPWP, maka wajib mengikuti langkah saya membayar pajak pribadi,” ajak Rusli.

Di era digital sekarang ini, masyarakat tidak perlu datang ke kantor pajak untuk melaporkan pajak tahunannya. Kata Rusli, cukup melalui gawai masing-masing dengan mengakses aplikasi e-filling.

“Dengan e-filing, lapor dimana saja kapan saja, semakin mudah. Tidak perlu ke kantor pajak. Jadi segera lapor pajak, karena pajak kuat, Indonesia maju,” katanya.

Sebelumnya, e-filing adalah cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online. Cukup melalui satu situs www.pajak.go.id, wajib pajak sudah bisa menggunakan layanan yang disediakan DJP.(Adv/alex)