Pengelolaan & Pengembangan Hutan Pinus Dulamayo, Nelson: Dibutuhkan Regulasi yang Mengaturnya

Pengelolaan & Pengembangan Hutan Pinus Dulamayo, Nelson: Dibutuhkan Regulasi yang Mengaturnya

24/09/2019 10:22 0 By Maman

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menggelar diskusi dengan sejumlah organisasi Mapala, KPA, organisasi pemuda, pramuka dan organisasi masyarakat disela-sela pelaksanaan Dulamayo Green Camping. (gopos.id)

Hulondalo.id- Tidak sekedar berkunjung, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo juga menggelar diskusi bersama sejumlah organisasi terkait pengelolaan dan pengembangan Hutan Pinus Dulamayo kedepan. Agenda ini, termasuk dalam rangkaian Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) 2019, Dulamayo Green Camping.

Senin (23/9/2019), mengendarai mobil jeep, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo datang menyapa langsung peserta. Diskusi tak berselang lama digelar, dengan acara ngopi bersama. Diskusi saat itu terkait eksistensi Hutan Pinus Dulamayo sebagai tempat wisata.

Dalam obrolan yang mengalir santai tersebut, Bupati Nelson menerima berbagai masukan dari peserta yang terdiri atas Mapala, KPA, organisasi pemuda, pramuka dan organisasi masyarakat. Salah point menjadi sorotan dalam diskusi tersebut, terkait penanganan sampah, seperti yang diutarakan peserta dari Mapala Mohuyula UMG.

“Tingkat kunjungan ke semakin banyak, saya memberikan saran agar bisa diadakan tempat sampah ataupun ada peraturan yang mengharuskan pengunjung, membawa pulang kembali sampahnya,” ujarnya.

Mendengar itu, Bupati Nelson langsung merespon dengan meminta kepada Kepala Desa, untuk bisa menyediakan tempat sampah di lokasi Hutan Pinus Dulamayo.

Bupati juga menyampaikan tentang, perlunya regulasi yang mengatur obyek wisata ini, agar lebih maksimal dalam pengelolaan maupun pengembangannya.

Masih kepada pemerintah desa setempat, Nelson meminta agar ada sebuah regulasi setingkat desa berupa Peraturan Desa, yang mengatur pengelolaan Hutan Pinus Dulamayo.

“Harus ada regulasi, antara lain mengatur tentang retribusi maupun lainnya,” kata Nelson.

Kepada sejumlah awak media, orang nomor satu dikabupaten gorontalo tersebut mengungkapkan kagum akan sejuknya alam di Hutan Pinus Dulamayo.

“Tidak heran jika banyak yang suka camping disini, ternyata suasananya enak,” ungkap Nelson.

Dia berharap, keberadaan tempat ini terus dijaga dan dilestarikan. (Ika)