Pengikisan Sungai Motihelumo, Ini Skenario Wabup Thariq

Pengikisan Sungai Motihelumo, Ini Skenario Wabup Thariq

03/01/2020 10:02 0 By Maman

Wabup Gorontalo Utara Thariq Modanggu saat mengunjungi lokasi pengikisan sungai Motihelumo berkoordinasi antisipasi terjadi hal yang tak diinginkan pada warga sekitar sungai. (hms)

Hulondalo.id- Pengikisan air sungai Motihelumo terhadap lahan yang ditempati warga dan jembatan direspon oleh Wabup Gorontalo Utara Thariq Modanggu. Wabup sudah menyiapkan skenario menghindari terjadi hal yang tak diinginkan.

Kamis (2/1/2020), Wabup mendatangi lokasi yang mengikis dan mengancam rumah warga dusun Iloheluma, serta jembatan penghubung Gorontalo-Buol di perbatasan Desa Dulukapa dan Desa Motihelumo.

Dia mengatakan, penanganan untuk mencegah pengikisan, dalam waktu dekat ini harus ada pengalihan arah arus air ke tengah sungai.

“Supaya lebih cepat, kami menghubungi perusahaan yang memiliki alat berat didekat lokasi itu, dan pimpinannya bersedia untuk meminjamkan alat itu,” kata Wabup.

Thariq juga mengatakan, jika pengiriman alat dilakukan dengan capat, maka pekerjaannya sudah bisa dilakukan Jum’at atau pekan ini.

“Karena ini penting sekali, mengingat cuaca yang ada, dampak dari tekanan air itu lebih besar lagi ke rumah-rumah penduduk yang ada di pesisir sungai,” tambahnya.

Dia juga sudah memerintahkan OPD teknis untuk menghitung besaran tanggul yang akan di buat.

“Karena ini berkaitan dengan jembatan dan rumah warga, maka juga segera dilakukan penanganan tebing,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga menyerahkan bantuan langsung dari Dinas Sosial dan BPBD Gorontalo Utara kepada korban banjir yang terjadi pada Rabu dini hari lalu.

“Bantuan ini sifatnya sandang pangan, jadi ada tempat tidur, pakaian, beras dan makanan siap saji,” tukasnya. (Prin/Adv)