Penguatan Kapasitas Anggota BPD, Thariq: Modal Kawal Pemerintahan Desa

Penguatan Kapasitas Anggota BPD, Thariq: Modal Kawal Pemerintahan Desa

09/06/2021 20:49 0 By Maman

Wabup Thariq di Kantor BPMDes

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat berkunjung ke kantor BPMDes Gorontalo Utara. (foto:hms)

Hulondalo.id – Penguatan kapasitas terhadap para anggota BPD di 46 desa, dinilai penting dilakukan. Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, ini juga bisa menjadi modal mereka dalam mengawal pemerintahan desa.

Saat mendatangi kantor BPMDes baru-baru ini, Wabup meminta, agar OPD tersebut segera menyiapkan upaya untuk memberikan penguatan kepada para anggota BPD. Salah satunya melalui pelaksanaan Bimtek.

Para anggota BPD kata Wabup, sebelumnya sudah menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang didalamnya juga kepentingan musyawarah desa yang mensyaratkan kehadiran, aktivitas dan peran aktif para penyelenggara.

“Penting bagi para anggota BPD mendapat penguatan sebagai modal mengawal penyelenggaraan pemerintahan di desa,” kata Wabup.

Saat berkunjung di kantor BPMDes ini juga kata Wabup, mengungkap bahwa, para kepala desa yang terpilih di tahun 2018 silam, belum mendapatkan penguatan kapasitas.

Langkah dan upaya kata dia, akan secepatnya diupayakan, termasuk ketersediaan anggaran untuk memberikan penguatan kepada para penyelenggara pemerintahan ditingkat desa ini. (Prin/Adv)