Pengurusan NUPTK, Sofyan: Operator Sekolah Lebih Dimaksimalkan

Pengurusan NUPTK, Sofyan: Operator Sekolah Lebih Dimaksimalkan

15/07/2021 13:37 0 By Maman

NUPTK DPRD Prov Gorontalo

DPRD Provinsi Gorontalo saat berkunjung ke LPMP Provinsi Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Operator disetiap sekolah diminta Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Sofyan Puhi lebih dimaksimalkan dalam pengurusan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

NUPTK kata Sofyan, sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi berbagai pelaksanaan program serta kegiatan, dalam rangka peningkatan mutu bagi pendidik dan tenaga pendidik di sekolah.

Karenanya kata Sofyan, Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, mendorong peran penting setiap operator disekolah harus diaktifkan, untuk memudahkan pengurusan NUPTK dalam rangka mempermudah ASN dan non ASN.

“Penerbitan NUPTK disetiap sekolah masih mengalami kendala yakni, keterlambatan, untuk itu, saya meminta agar peran dan fungsi operator lebih diaktifkan kembali,” ungkapnya.

Dia menambahkan, setiap operator sekolah penting dipastikan mampu menginput data tiap pendidik dan tenaga pendidik, baik itu ASN maupun non ASN setiap harinya. Ini, kata dia, untuk meminimalisir keterlambatan penertiban NUPTK.

Sebab, ditingkat kementerian pengurusan sangatlah banyak.

“Mekanisme penerbitan NUPTK ini dimulai dari sumber data yakni sekolah yang dikerjakan langsung oleh operator sekolah, kemudian diserahkan ke Dinas Pendidikan untuk verifikasi persyaratan, setelah itu mekanismenya akan dilanjutkan oleh LPMP Provinsi Gorontalo ke kementerian,” tandas Politisi Nasdem itu. (Inkri/Adv)