Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia yang Benar dalam Pemberitaan Media Massa

Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia yang Benar dalam Pemberitaan Media Massa

28/07/2020 20:07 0 By Maman

Diskusi Kelompok Terpumpun Penggunaan Bahasa Negara di Media Massa
digelar Kantor Bahasa Provinsi di Hotel Maqna Kota Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Kepala Kantor Bahasa Gorontalo, Sukardi Gau mengatakan, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pemberitaan di media massa sangat penting. Khususnya, penggunaan istilah baru yang dipakai media massa dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Sukardi mengutarakan, penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik melalui media massa, dapat mempermudah masyarakat memahami makna pemberitaan.

“Penggunaan ini jelas diatur dalam Undang-Undang Tentang Penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik,” ungkap Sukardi usai Diskusi Kelompok Terpumpun Penggunaan Bahasa Negara di media massa, Selasa (28/7/2020) di Hotel Maqna, Kota Gorontalo.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo Sukardi Giu saat di wawancarai awak media. (foto:istimewa)

Sukardi menambahkan, pihaknya juga dianjurkan untuk mencari istilah-istilah tertentu dalam bahasa daerah yang dekat dengan masyarakat. Ini untuk mempermudah masyarakat, dalam memahami sebuah bahasa. Terlebih, istilah-istilah yang muncul saat pandemi covid-19 saat ini, sehingga perlu untuk dicarikan pemadanan bahasa sehingga dipahami masyarakat.

“Kita mendekatkan makna bahasa agar dapat dipahami oleh masyarakat. Istilah yang dianggap sulit seyogianya kita lakukan pemadanan untuk mudah dipahami oleh masyarakat,” ungkap Sukardi. (Rinto)